Tips Mengolah Sayur Agar Disukai Balita

Tips mengolah sayur agar disukai balita dan menarik bagi mereka. Makanan yang bergizi yang seimbang sangatlah penting bagi seorang anak. Buah-buahan , sayuran, dan makanan lainnya yang dibutuhkan oleh anak untuk perkembangannya. Tapi sayangnya, terkadang sang anak tidak mau memakan makanan sehat atau bisa dibilang susah untuk memakan sebagian dari makanan tersebut. Sehingga orang tua harus memikirkan cara untuk membuat anak mereka mau untuk memakan makanan tersebut. Salah satu jenis makanan yang biasanya tidak diinginkan oleh sang anak ialah sayuran. Banyak anak yang tidak ingin memakan jenis makanan yang didominasi oleh warna hijau ini. Lalu bagaimanakah tips dalam mengolah sayuran agar disukai anak balita Anda?

Tips Mengolah Sayur Agar Disukai Balita

1. Hidangkan dalam bentuk menarik
Bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika makanan yang disediakan haruslah memiliki unsur menarik dalam bentuknya, hal ini bisa membuat sang anak menginginkan untuk memakannya, apapun jenis makanannya. Begitu juga sayuran haruslah disajikan dalam bentuk yang menarik agar anak-anak ingin memakannya, didukung dengan rasanya juga tentunya

2. Sajikan sayuran yang bersifat renyah
Setiap anak selalu mempunyai selera sendiri-sendiri dalam hal makanan. Tapi untuk sayuran banyak anak yang lebih menyukai sayuran yang memiliki rasa renyah, ketimbang sayuran yang lembek. Oleh karena itu hindari memasak sayuran dengan waktu terlalu lama. Cukup dengan dikukus, atau direbus dengan waktu yang cukup tentunya, dengan begini sayuran tidak akan terlalu kehilangan kadar vitaminnya.

3. Sajikan sebagai makanan pembuka
Jika anak merasa lapar maka buatlah sayuran ini sebagai makanan pembuka mereka. Hal ini bertujuan untuk membuat sang anak terbiasa untuk memakan sayuran dan mengenali sayuran. Dan memulailah dengan menyajikan sayuran yang dikenal oleh sang anak, setelah baru dimulai dengan sayuran jenis baru

4. Berkreasi dengan sayuran
Membuat sayuran tidak hanya membentuknya menjadi menarik, tapi bisa juga dengan membuat sebuah cerita dan lagu-lagu dengan sayuran tersebut. Biasanya anak-anak akan menyenangi sesuatu yang memiliki sebuah cerita atau lagu tentangnya. Hal ini akan menyebabkan sang anak akan tertarik akan sesuatu tersebut dalam hal ini adalah sayuran.

Mempercantik Sayuran Agar Disukai Anak Balita Anda

Terkadang anak-anak ingin menghias sayurannya dengan makanan lain, biarkan mereka melakukannya. Hal ini akan membuat mereka menyenangi sayuran tersebut, biarkan mereka bermain dengannya, asal dengan catatan sayuran yang mereka hias akan dikonsumsinya. Biarkan mereka menghiasnya dengan sayuran-sayuran lain atau dengan mayonaise. Sebaiknya tidak memasak satu jenis sayuran saja, ajarkan mereka untuk memilih sayuran mana yang disukainya, dengan memasak lebih dari satu jenis sayuran. Dengan begini mereka mengenal mana sayuran yang ingin dimakannya. Atau menginginkan mencoba sayuran jenis lain.
Sayuran memang jenis makanan yang tidak atau jarang disukai oleh anak-anak. Oleh karena itu bagaimana mengolah atau memasak sayuran tersebut untuk disajikan, memberinya hiasan bahkan memuat cerita tentang sayuran tersebut agar sang anak tertarik untuk mengkonsumsinya. Semua itu harus dilakukan agar bisa membujuk atau membuat sang anak memakan sayuran tersebut karena sayuran memilih segala yang dibutuhkan anak untuk perkembangannya. Demikian beberapa  tips mengolah sayur agar disukai balita.