Berbagai Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester 2

Trimester kedua terjadi pada bulan ke 4-6. Pada saat ini ibu hamil mulai bisa menikmati makanan tanpa ada gangguan rasa mual dan muntah. Untuk itu pada saat usia kehamilan ini, ibu hamil harus bisa menjaga keseimbangan berat badan dengan makanan sehat dan memiliki kadar gizi yang seimbang. Jenis makanan sehat ibu hamil trimester 2 yang wajib dikonsumsi bergantung pada kebutuhan gizi pada saat itu. Oleh karena itu makanan yang dianjurkan pada trimester 2 ini adalah makanan yang mengandung protein, vitamin, dan makanan yang dapat meningkatkan kadar darah untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Protein yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah protein hewani dan protein nabati. Ikan dan seafood merupakan sumber protein hewani yang sangat baik bagi ibu hamil disamping daging. Sedangkan protein nabati bisa didapat dari konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Protein dibutuhkan untuk membentuk sel-sel baru janin dan juga untuk membentuk hormon bagi ibu hamil. Protein juga penting untuk nutrisi pembentukan dasar organ tubuh seperti otak dan jantung. Ibu hamil wajib mengkonsumsi protein sebanyak 12 gram setiap hari. Selain itu, vitamin dapat diperoleh dari konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau. Vitamin yang banyak dibutuhkan ibu hamil adalah vitamin A dan C karena sangat baik untuk antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri dan juga dapat melindungi tubuh dari kerusakan serta bagi ibu hamil penting untuk pembentukan kolagen. Vitamin A, khususnya pada bayi berguna untuk menunjang perkembangan janin dan yang terpenting adalah mencegah bayi lahir prematur. Selain makanan sehat ibu hamil trimester 2 yang telah disebutkan diatas, ibu hamil juga dianjurkan untuk menghindari atau membatasi makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam karena nantinya akan membawa dampak buruk bagi perkembangan janin.

 

Tips Untuk Memilih Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester 2

Setelah anda mengetahui berbagai makanan sehat ibu hamil trimester 2 yang penting bagi kesehatan ibu dan janin, anda juga perlu mengetahui beberapa tips untuk memilih makanan sehat tersebut. Yang pertama, pilihlah makanan yang segar dan alami. Hindarilah makanan kalengan dan makanan instan karena mengandung bahan pengawet. Untuk buah dan sayur, usahakan untuk selalu mencucinya sebelum anda mengkonsumsinya. Kedua, sebisa mungkin hindarilah gorengan dan gantilah dengan mengkukus atau merebus makanan karena rendah lemak dan dapat menjaga nilai gizi. Ketiga, perbanyaklah minum air putih atau jus dan kurangi atau hindarilah minuman bersoda karena mengandung bahan kimiawi. Anda juga harus mengurangi konsumsi kopi dan teh. Dengan kata lain minuman yang murni dan alamilah yang terbaik.

Pada intinya, yang harus anda perhatikan dari informasi pada uraian diatas adalah, makanan sehat ibu hamil adalah makanan yang alami tanpa bahan pengawet dan porsi gizinya harus seimbang dan terpenuhi.  Jika anda sudah mulai menginjak kehamilah usia trimester 2, persiapkanlah asupan nutrisi tersebut mulai dari sekarang. Makanan sehat, ibu dan bayi pun akan sehat.