Kandungan Gizi Dalam Alpukat

Apa saja kandungan gizi dalam alpukat? Alpukat atau avocado adalah buah berwarna hijau yang di dalamnya terdapat daging buah yang renyah dan bertekstur lembut. Konon kata Avocado berasal dari bahasa Aztec yaitu Ahuacati. Buah ini sangat sering dijumpai dalam kuliner Spanyol dan Amerika Latin, mereka mencampurkannya ke dalam salad atau membuatnya menjadi bubur untuk dimakan dengan ikan atau daging. Sementara di Indonesia, buah ini biasanya hanya dijus atau dijadikan pelengkap es campur, hampir tidak pernah dicampurkan ke dalam makanan.

Lemak Sebagai Salah Satu Kandungan Gizi Dalam Alpukat

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah alpukat sangatlah tinggi, walaupun banyak sekali orang yang ragu untuk memakannya karena kuatir akan kadar lemaknya. Sebenarnya lemak yang terdapat dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh yang merupakan lemak sehat. Alpukat termasuk jenis makanan yang bernutrisi bagi bayi dan memiliki khasiat yang sama dengan pisang sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) karena teksturnya yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi. Dan dengan pengolahan tertentu akan membuat makanan yang menarik sehingga bayi akan tertarik memakannya.

Berbagai Kandungan Gizi Dalam Alpukat

  • Kalori
    Satu buah alpukat sebesar 30 gr menghasilkan 50 kalori sementara satu buah alpukat utuh dapat menghasilkan 250 kalori. Hal ini membuatnya sebagai buah penghasil kalori terbaik. Bayi pada usia 6 bulan akan sering bergerak dan aktif selama tahap perkembangannya, oleh karena itu ia akan membutuhkan bahan bakar yang banyak untuk mendukung tahap pertumbuhannya.
  • Lemak
    Sebagian besar kalori yang dihasilkan oleh alpukat berasal dari lemak, tapi penelitian menunjukkan jika lemak yang dihasilkan oleh alpukat ini merupakan asal lemak tak jenuh atau lemak baik karena tidak menggemukkan dan tidak menimbulkan kolesterol. Hal ini membuat alpukat sebagai makanan sumber lemak yang sehat sehingga anda tidak perlu kuatir bayi Anda kegemukan.
  • Vitamin dan Mineral
    Buah alpukat ini sarat dengan vitamin dan mineral meskipun dalam jumlah kecil dan dapat menyediakan sekitar 10 % dari kebutuhan akan vitamin dan mineral. Adapun vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya adalah vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi, vitamin E dan Vitamin B6.
  • Lutein
    Ini merupakan kandungan terbaik dalam alpukat karena merupakan unsur penting untuk kesehatan mata.

Alpukat sangat baik untuk kesehatan anda dan bayi anda karena mengandung nutrisi untuk kesehatan mata dan otak serta menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung. Oleh karena itu berikan alpukat kepada bayi anda mulai dari sekarang agar ia menerima manfaat dari kandungan gizi dalam alpukat.