Pengaruh Kesehatan Gigi Pada Kehamilan Trimester Kedua

Kehamilan kerapkali menyebabkan calon ibu merasa malas melakukan apapun. Kebiasaan yang baikpun berubah menjadi kebiasaan buruk. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon pada masa kehamilan, yang disinyalir membuat ibu hamil menjadi lebih malas dibanding biasanya.

Akibatnya pengaruh hormon ini memberikan dampak yang kurang baik pada proses kehamilan, salah satunya adalah kesehatan  gigi yang menurun. Adakah pengaruh kesehatan gigi pada kehamilan trisemester kedua?

Ada pengaruh yang cukup besar ketika kesehatan gigi ibu hamil menurun, sebab bayi dalam kandungan bisa tertulari oleh penyakit gigi tersebut, yang akhirnya akan dia bawa ketika lahir. Bahkan, ada yang menyatakan kesehatan gigi yang buruk bisa menyebabkan bayi lahir secara prematur.

Memang, tidak bisa dipungkiri, ketika hamil rasa malas lebih banyak mendera. Namun, Anda tentu harus sayang pada janin Anda, karena akibat malas Anda efeknya akan  buruk.  Cobalah untuk secara konsisten membersihkan gigi dan mulut walau Anda didera rasa mual dan ingin muntah jika menggosok gigi.  Gigi Anda yang tidak dibersihkan hanya membuat masalah pada gigi semakin bertumpuk. Apalagi jika Anda yang sedang hamil amat menyukai makanan yang manis.

Pada trisemester pertama, ibu biasanya bisa mengidap menurunnya nafsu makan karena mual. Namun, di trisemester kedua, mual sudah sangat berkurang yang ada hanyalah keinginan makan yang muncul lebih banyak. Kebiasaan makan yang tidak diimbangi dengan perawatan gigi semakin membuat gigi menjadi tidak sehat.

Ketika gigi Anda sakit, bisa jadi kebiasaan makan akan berkurang drastis karena sakit yang ditimbulkannya. Ketika akhirnya makan Anda berkurang, dampaknya kembali pada si janin di dalam kandungan. Janin menjadi kurang nutrisi sehingga beratnya berkurang dan akhirnya memiliki berat badan lahir rendah. Kondisi inilah yang menyebabkan bayi Anda tidak sehat yang dipicu dari gigi yang tidak sehat.

Jika Anda tidak mau hal ini terjadi, maka sebaiknya mulailah menjaga kesehatan gigi Anda, sebab ada korelasi atau pengaruh antara kesehatan gigi dan kehamilan Anda.