Kehamilan Trimester Kedua

Kehamilan di trimester kedua merupakan fase yang menyenangkan. Pada fase ini semua keluhan yang dirasakan ibu hamil pada trimester pertama mulai hilang dengan sendirinya. Kondisi sang ibu dan juga janin dalam kandungan mulai menunjukkan perubahan dan perkembangan. Cari tahu yuk perubahan apa saja yang terjadi pada fase trimester kedua ini.

Mual Berkurang

Pada fase ini gejala mual mulai berkurang, namun jika masih mengalaminya segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Mintalah vitamin B6 yang terbukti mampu menghilangkan rasa mual.

Nyeri Perut

Pada kehamilan trimester kedua ini Anda akan  mulai merasakan nyeri perut. Hal ini disebabkan oleh pembesaran rahim dan peregangan di sekitar ligamen( jaringan penghubung antar tulang).

Janin Mulai Bergerak

Janin dalam kandungan mulai beraktifitas dan mampu menerima rangsangan dari luar. Ia akan bergerak mencari posisi yang paling nyaman dalam rahim ibu.

Sesak Nafas

Aktifitas sehari-hari yang biasa Anda lakukan mulai terasa berat dan bisa membuat Anda terengah-engah. Hal ini wajar dan umum terjadi. Membesarnya rahim membuat paru-paru terdesak sehingga udara tidak bisa keluar masuk dengan bebas.

Bentuk Tubuh Berubah

Ukuran beberapa bagian tubuh mulai berubah, seperti pinggang, pinggul, perut dan payudara. Selain itu juga mulai muncul stretchmarks berupa garis-garis pada kulit sebagai akibat melarnya kulit selama kehamilan.

Emosi Lebih Terkendali

Walaupun kerja hormon masih belum stabil, namun tubuh telah  beradaptasi selama trimester pertama.  Anda tidak akan menjadi terlalu sensitif seperti di awal kehamilan dan Anda juga lebih mudah mengendalikan emosi.

Nafsu  Makan Meningkat

Nafsu makan yang sempat hilang pada awal kehamilan, akan meningkat pada tahap ini. Hal ini dikarenakan janin lebih banyak membutuhkan asupan makanan untuk pertumbuhan. Otomatis berat badan Anda pun pasti ikut bertambah.

Gairah Seks Meningkat

Pada fase ini tubuh meproduksi lebih banyak hormon estrogen. Hormon estrogen yang dihasilkan setiap  harinya setara dengan hormon estrogen pada wanita yang tidak hamil selama 3 tahun. Tak heran jika gairah seks Anda juga meningkat.