Mencegah Posisi Sungsang Di Kehamilan 6 Bulan

Posisi Sungsang Di Kehamilan 6 Bulan sangat mungkin terjadi. Semakin bayi bertumbuh dewasa, ia akan mempunyai kemampuan lebih untuk bergerak dan hal ini bisa membuat bayi berada pada posisi sungsang saat waktu kelahiran tiba. Posisi sungsang adalah posisi dimana kepala bayi berada diatas sehingga jika dilahirkan, bayi bagian kaki akan keluar terlebih dahulu. Kemungkinan kelahiran dengan posisi sungsang terjadi pada 1 dari 25 kelahiran.

Tipe Posisi Sungsang

Kebanyakan dari kita mengira bahwa hanya ada satu posisi sungsang pada kehamilan dan kelahiran bayi. Posisi Sungsang Di Kehamilan 6 Bulan bisa berbeda dengan posisi sungsang pada trimester ketiga. Posisi sungsang yang pertama adalah saat bagian pantat bayi berada pada saluran kelahiran dengan kakinya berada di depan badan dan posisi kaki dekat dengan kepala. Posisi kedua adalah posisi sungsang total. Pada posisi ini, pantat mengarah ke bawah dengan kaki terlipat di lutut. Secara otomatis kaki akan tertekuk dan berada di dekat pantat, seperti orang sedang berjongkok. Posisi yang terakhir adalah dimana bagian tubuh bawah berada pada saluran kelahiran yang berarti posisi bayi terbalik dari posisi yang seharusnya.

Penyebab Sungsang

Sungsang bisa terjadi pada usia kehamilan muda atau dewasa. Sebab utama posisi sungsang belum diketahui dengan pasti, tetapi banyak data yang bisa dipelajari dari berbagai kasus kelahiran sungsang. Kelahiran sungsang banyak terjadi pada kehamilan kedua, kehamilan prematur dan kehamilan bayi kembar. Jika janin mempunyai air ketuban terlalu sedikit atau terlalu banyak, posisi sungsang juga beresiko terjadi. Jika rahim calon ibu tidak normal atau terjadi pertumbuhan yang tidak normal, maka akan timbul resiko bayi sungsang pula. Wanita yang memiliki masalah plascenta previa juga kemungkinan besar akan melahirkan bayi sungsang.

Dengan adanya teknologi, maka posisi sungsang dapat dideteksi lebih awal. USG dan X-ray dapat sangat membantu untuk melakukan pengecekan. Posisi bayi sungsang dapat diputar dengan beberapa cara, jadi ibu tidak perlu kuatir asalkan posisi bayi sungsang diketahui sebelum kelahiran. Ada beberapa teknik untuk memutar posisi bayi seperti dengan teknologi atau cara alami dengan musik. Tentu saja cara untuk memutar bayi sungsang tergantung pada usia dan posisi bayi.

Dengan pemeriksaan lebih lanjut pada posisi bayi, maka dokter juga akan bisa memutuskan apalah calon ibu lebih baik melahirkan secara normal atau melalui operasi. Pengecekan dari satu bulan ke bulan lain sangat disarankan, apalagi menginjak bulan-bulan dewasa untuk mencegah Posisi Sungsang Di Kehamilan 6 Bulan dan di bulan-bulan berikutnya.