Membiasakan Pola Makan Sehat Bagi Balita

Membiasakan balita mengkonsumsi makanan sehat sejak dini akan berpengaruh pada pertumbuhannya. Terlebih pola makan sehat sejak dini akan terus berlanjut sampai anak dewasa. Sebagai orang tua kita harus cermat menyajikan makanan apa yang termasuk dalam makan sehat.

Membiasakan Menu Seimbang

Jika dahulu pemerintah menggalakkan menu 4 sehat 5 sempurna, tidak demikian saat ini. Pemerintah lebih menekankan pada pola menu seimbang. Menu seimbang tentu saja bagi setiap anak berbeda-beda kebutuhannya. Mungkin bagi satu anak, konsumsi lebih banyak susu baik, namun tidak bagi yang lain. Pemilihan menu seimbang bisa mengacu pada kondisi bayi saat lahir, berat badan bayi dan riwayat keluarga. Untuk bayi dengan berat badan rendah selain ASI saat bayi mulai mengkonsumsi makanan tambahan, orang tua harus memperhatikan berat badan bayi yang tak kunjung bertambah atau bertambah namun masih dibawah standar. Idealnya bayi umur 6 bulan berat badan idealnya adalah 2 kali berat badan bayi sewaktu lahir. Jika berat badan bayi kurang dari itu, ibu bisa memberikan makanan yang membantu menambah berat badan bayi. Namun perlu diperhatikan selalu utamakan keamanan bahan makanan yang diberikan.

Saat ini semakin banyak produsen makanan instan dan cepat saji yang menawarkan produk makanan penambah berat badan bayi. Ada baiknya ibu memilih makanan yang alami. Beberapa alternatif makanan yang bisa menambah berat badan bayi antara lain jus buah Alpukat. Alpukat dipercaya bisa membantu menambah berat badan bayi. Namun, untuk penyajiannya tidak perlu menambahkan gula. Biarkan bayi merasakan manis alami dari buah Alpukat. Selain buah Alpukat, sayur labu siam juga bisa membantu menambah berat badan bayi. Gunakan labu sebagai bahan tambahan membuat bubur saring bayi.

Sedangkan untuk bayi dengan berat badan berlebih, perhatikan asupan gizi seimbang yang diberikan kepada bayi. Berikan bayi diet sehat yang bisa dilakukan dengan lebih banyak memberikan asupan serat baik dari buah maupun sayur. Bayi bisa dikatakan kelebihan berat badan atau obesitas jika terdapat beberapa tanda fisik seperti  pertumbuhan yang tidak proposional atau terdapat lipatan tubuh. Jika diperlukan lakukan konsultasi dengan ahli gizi baik untuk bayi berat badan rendah atau berat badan berlebih.

Batasi Konsumsi Gula

Membatasi konsumsi gula bagi si kecil juga bisa  membantu si kecil terbiasa dengan pola makan sehat. Lebih banyak berikan cemilan berupa buah-buahan untuk si kecil ketimbang memberi mereka cake, permen, coklat atau roti dengan krim manis. Membatasi konsumsi gula bukan berarti melarang si kecil untuk tidak mengkonsumsi gula sama sekali. Berikan cemilan yang sehat, yaitu makanan selingan yang dibuat sendiri dengan menggunakan gula sesedikit mungkin.

Terlalu banyak mengkonsumsi gula saat dini bisa memicu si kecil terkena diabetes, terutama jika ada riwayat diabetes dalam keluarga. Mengemil kue-kue atau roti olahan juga akan merugikan si kecil karena kandungan gula yang terdapat di dalamnya. Buatkan si kecil jus buah alami seperti strobery atau jeruk. Jangan berikan jus buah siap saji yang tentu saja disertai pengawet dan pemanis tambahan. Jika dirasa jus buah yang disajikan kurang manis, bisa ditambahkan sedikit gula atau madu.