Tips Mengatasi Obesitas Pada Balita

Orangtua yang memiliki balita obesitas, pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi berat badan anak agar tidak terus meningkat.

Salah satu penyebab obesitas pada balita adalah faktor genetik. Hal ini merupakan faktor yang sulit dihindari. Apabila orangtuanya memiliki masalah dengan kelebihan berat badan, anak pun cenderung tumbuh dengan berat badan lebih tinggi dibandingkan balita seusianya.

Penyebab kedua adalah seringnya balita mengonsumsi junk food. Junk food tidak hanya berupa makanan cepat saji, tetapi juga makanan ringan dan makanan kemasan. Sebab, jenis-jenis makanan ini memiliki kandungan gula dan lemak  sangat tinggi.

Tingkah laku balita obesitas cenderung lebih lambat bergerak dibandingkan dengan balita yang memiliki berat badan normal. Berat badan di atas normal ini juga memengaruhi aktivitas sosialnya. Lama kelamaan mereka menarik diri dari pergaulan, karena merasa berbeda dengan teman-temannya.

 Untuk mengatasi obesitas pada balita, ada beberapa tips yang dapat diikuti, seperti di bawah ini.

  1. Mengatur Pola Makan.
    Mulailah dengan mengatur pola makan si balita. Terapkan waktu makan tiga kali dalam sehari. Jika balita masih lapar, berikan cemilan berupa buah segar. Buah-buahan tersebut sebatiknya tidak dijadikan jus, sebab jus lebih mudah dicerna. Akibatnya, balita akan lebih mudah lapar. Perhatikan juga buah-buahan yang diberikan. Hindari memberi buah-buahan berkalori tinggi seperti alpukat.
  2. Lakukan Aktivitas Fisik.
    Usahakan agar balita aktif bergerak hingga berkeringat. Tidak perlu berolahraga yang berat, tetapi buatlah suasana agar si balita tidak hanya berdiam diri. Jika balita sering bergerak, maka ada kalori yang terbakar. Berat badan balita obesitas pun dapat berangsur turun. Usahakan juga agar balita tidak terlalu banyak menonton TV dan berlama-lama di depan komputer. Kegiatan-kegiatan ini cenderung membuat balita kurang gerak.
  3. Hindari Mengemil.
    Obesitas pada balita juga terjadi karena si balita terlalu banyak mengemil. Cokelat dan es krim adalah makanan yang sangat disukai balita. Namun, makanan-makanan inilah yang menyebabkan balita obesitas. Biasakan balita untuk makan di rumah dan kurangi kebiasaan makan di luar, terutama ketika sedang berada di mall.

 Tips-tips di atas dapat langsung diterapkan bila orangtua memiliki balita obesitas. Bagaimana pun, obesitas pada balita dapat membahayakan kesehatan si balita itu sendiri.