Mata Belekan Pada Bayi

Mata Belekan Pada Bayi memang sering dianggap sebagai hal yang tidak serius, terutama pada bayi yang baru lahir. Biasanya ibu akan membersihkannya dengan kapas yang telah dicelupkan ke dalam air hangat dan diperas. Kapas ini lalu diusapkan secara hati-hati ke mata bayi untuk membersihkan belek yang menempel. Hal ini sudah menjadi sebuah hal yang dianggap lumrah.

Memang timbulnya kotoran mata pada bayi merupakan suatu hal yang wajar namun ternyata dapat juga menjadi sebuah hal yang serius dan merupakan gejala dari suatu kondisi kesehatan yang terganggu. Untuk itu, sebelum terlambat, ada baiknya ibu benar-benar mewaspadai timbulnya kotoran pada mata bayi.

Penyebab Timbulnya Kotoran Mata Pada Bayi

Penyebab dari Mata Belekan Pada Bayi diantaranya :

  1. Kotoran mata keluar saat bayi tidur. Hal ini masih dianggap wajar selama belek yang menempel pada mata sekitar mata bayi jumlahnya sedikit dan hanya muncul pada saat bayi bangun tidur. Apabila jumlah belek termasuk banyak dan timbul di waktu lain selain saat bangun tidur, maka artinya ada penyebab lain yang harus diwaspadai.
  2. Penyumbatan air mata. Pada kasus seperti ini, katup air mata pada bayi masih tertutup pada saluran air mata yang menghubungkan air mata dengan rongga hidung. Sumbatan ini menyebabkan air mata yang diproduksi oleh kelenjar air mata yang berada di sekitar kelopak mata bagian dalam tidak dapat mengalir ke rongga hidung. Seiring dengan waktu, hal tersebut akan menyebabkan adanya genangan di saluran yang terhambat ini dan bisa juga menyebabkan terjadinya infeksi. Jika bayi mengalami hal seperti ini, mata matanya akan terlihat selalu berair seperti sedang menangis dan belek akan terlihat banyak menumpuk pada pagi hari.
  3. Infeksi selaput mata bayi. Hal ini biasanya terjadi saat bayi baru lahir dan didapat saat bayi keluar dari jalan lahir. Gejala yang timbul adalah mata bayi merah, bengkak, dan banyak terdapat kotoran mata atau belek. Iritasi kimia, klamidia, atau bakteri merupakan penyebab terjadinya infeksi ini. Terkadang, virus herpes simplek juga menyebabkan infeksi hingga kotoran mata bayi menumpuk secara abnormal. Pada kasus infeksi dikarenakan serangan kuman tertentu, dari kelopak mata tidak hanya keluar belek tetapi juga nanah.

Mengatasi Mata Belekan

Mengatasi Mata Belekan harus dilakukan dengan tepat agar tidak menimbulkan efek samping dan masalah dapat ditangani secara efektif.

  1. Jika penyebabnya adalah penyumbatan saluran air mata, maka cara membersihkannya bisa dengan menggunakan kapas bersih yang dicelup air hangat. Kapas ini diusapkan pada mata bayi dari arah dalam ke luar.  Selain itu juga dapat dilakukan pemijatan lembut dengan telunjuk di daerah pinggir mata bagian dalam ke arah bawah.
  2. Jika mata merah meradang dan belek berwarna kuni/kehijauan, maka segera bawa bayi ke spesialis mata.
  3. Pada kasus infeksi selaput mata, bayi juga harus diperiksa oleh spesialis mata dan diberi antibiotik yang cocok.

Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi tidak boleh sembarangan karena bisa saja justru menambah parah dan menimbulkan infeksi yang lain.