Tips Meredakan Batuk Pilek Pada Balita

Batuk pilek merupakan penyakit yang mengganggu aktivitas balita Anda karena sering menimbulkan anak menjadi rewel, nafsu makan berkurang, dan mengganggu waktu tidurnya. Batuk pilek juga merupakan penyakit yang mudah menular sehingga sulit bagi Anda untuk menghindari penyebarannya. Mengingat banyaknya efek negatif yang ditimbulkan oleh batuk pilek, maka tak heran jika banyak orang tua merasa bingung dan panik apabila mendapati anaknya menderita batuk pilek. Sebenarnya, penyakit batuk pilek bisa diatasi dengan mudah asalkan Anda mengetahui tips meredakan batuk pilek pada balita.

Sebelum kita bahwa tentang tips meredakan batuk pilek pada balita, bagaimana jika Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab batuk pilek pada balita, yang diantaranya :

  1. Perubahan cuaca 
  2. Makanan dan minuman 
  3. Polusi 
  4. Kebersihan lingkungan 
  5. Paparan bakteri dan virus 
  6. Udara terlalu dingin (AC) 

Setelah mengetahui beberapa faktor yang memicu timbulnya penyakit batuk pilek, kini saatnya Anda mempelajari tips meredakan batuk pilek pada balita berikut ini : 

  • Kenali jenis batuk balita Anda terlebih dahulu agar Anda bisa menentukan bentuk pengobatan 
  • Untuk meringankan batuknya, maka Anda harus banyak memberikan air putih, jus, atau sup sayuran yang menyehatkan. 
  • Untuk menjaga imunitas tubuhnya, maka Anda wajib memberikan makanan dan minuman yang bergizi pada anak 
  • Kompres kain hangat di sekitar hidung, kening, muka dan bagian dada sekitar 30 menit 

  • Oleskan salep khusus anak yang dioleskan di daerah dada, leher dan punggung untuk meredakan batuk pilek. 
  • Gunakan metode penguapan atau terapi uap dengan menggunakan cara modern (alat khusus dan obat sesuai rekomendasi dokter) dan cara alami (letakkan air panas dalam baskom dan beberapa tetes minyak kayu putih, kemudian biarkan balita Anda menghirup uapnya). 
  • Hindarkan anak dari beberapa makanan dan minuman yang memperparah kondisi batuk pilek, misalnya gorengan, cokelat, saus, es, permen, snack, dan lain-lain. 
  • Berikan ramuan tradisional untuk batuk pilek yang bisa Anda buat sendiri, misalnya : perasan jeruk nipis dan madu, perasan kencur dan madu, habatussauda, dan lain-lain. 

Demikian tips meredakan batuk pilek pada balita, namun jika dengan beberapa tips di atas, derita batuk pilek anak Anda belum sembuh, maka ada baiknya jika Anda segera membawa anak ke dokter.