Senam Hamil Di Trimester Ketiga Kehamilan

Ketika usia kandungan mencapai 30 minggu keatas, ibu mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi proses persalinan.
Bagi ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal ada baiknya mengikuti kelas senam hamil. Sebaiknya juga atas rekomendasi dokter atau bidan.

Bila Dilihat dari gerakannya, senam hamil sepertinya seperti olahraga biasa yang membuat tubuh segar dan bugar. Namun dibalik semua itu, ternyata senam hamil sangat bermanfaat untuk calon ibu dalam mempersiapkan fisik maupun mental untuk persalinan yang cepat dan spontan.

Tujuan Senam Hamil

  • Calon ibu dapat menguasai teknik pernapasan, yang berguna saat mengejan pada persalinan normal
  • Mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, sehingga mencegah keluhan nyeri di daerah bokong, perut dan keluhan wasir
  • Melatih sikap tubuh selama hamil
  • Melatih relaksasi sempurna
  • Ibu dapat melahirkan tanpa kesulitan sehingga ibu dan bayi sehat

Manfaat Senam Hamil

Dengan mengikuti senam hamil secara rutin, diharapkan pada saat persalinan normal nanti calon ibu sudah siap, baik secara fisik maupun mental sehingga dapat memanfaatkan tenaga dengan sebaik-baiknya sehingga tidak ada kendala dan lancar pada saat persalinan normal.

Tempat Untuk Senam Hamil

Biasanya Senam Hamil dilakukan di Rumah Sakit atau Rumah Bersalin.  Lalu akan dibimbing  oleh seorang guru / bidan yang berijazah, sehingga gerakan-gerakan pada senam hamil dapat dilakukan sebaik mungkin. Namun bila tidak sempat atau tidak memiliki akses ke tempat bersalin, bisa juga dilakukan di rumah.

Senam Hamil sebaiknya dilakukan secara teratur, dalam suasana yang tenang dan menggunakan pakaian yang longgar. Hal ini untuk mendukung kanyamanan calon ibu dan bayi pada saat melakukan gerakan-gerakan dalam senam hamil.