Pentingnya Asam Folat Selama Masa Kehamilan Trimester Pertama

Kehamilan merupakan sebuah proses yang didambakan oleh semua wanita di dunia ini. Mendapatkan bayi mungil yang bisa menambah keharmonisan keluarga, menjadi penerus silsilah keluarga, dan tentu saja kelak menjadi orang yang patut dibanggakan. Maka, tidak heran semua ibu sangat peduli dengan kehamilannya, bahkan merawat kehamilan bisa melebihi merawat dirinya sendiri. Wanita sangat antusias dengan kehamilannya, begitupun anggota keluarga yang lainnya.

Namun tidak sekadar bahagia mendapatkan buah hati, selayaknya wanita hamil juga mempersiapkan segalanya dengan lebih baik. Bukan hanya bahagia, tapi juga bagaimana mempersiapkan buah hati lahir dengan sehat dan selamat. Sayangnya, keluhan demi keluhan kerapkali terjadi di kehamilan trisemester pertama ini. Misalnya saja mual dan muntah, sehingga seringkali keluhan ini berdampak pada aktifitas yang seharusnya dilakukan misalnya makan.

Untuk menghadapi kehamilan Anda dengan berbagai keluhannya, tidak ada salahnya Anda mempersiapkannya bahkan sebelum merencanakan kehamilan. Konsultasi kepada dokter kandungan sangat penting agar Anda mendapatkan informasi mengenai proses kehamilan itu sendiri dan apa saja nutrisi yang dibutuhkan sebelum menyiapkan kehamilan.

Persiapan kehamilan bukan hanya psikis Anda melainkan juga fisik Anda salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi agar Anda siap dengan tubuh yang bugar dalam kondisi peningkatan hormon ketika sedang hamil. Namun, Anda pasti bertanya, nutrisi apa yang wajib dipenuhi sebelum datangnya kehamilan? Jawabannya adalah asam folat. Sudah mengenal apa itu asam folat? mungkin diantara Anda sudah tidak asing dengan asam folat, namun belum mengetahui manfaatnya.

Konsumsi asam folat yang cukup merupakan kunci perkembangan dan metabolisme sel pada awal terjadinya pembuahan, artinya konsumsi asam folat sangat penting dilakukan sebelum datangnya kehamilan dan lebih ditingkatkan saat memasuki trimester pertama. Lalu, seberapa pentingnya asam folat selama masa kehamilan trimester pertama ?

Asam folat sangat dibutuhkan pada trimester pertama kehamilan, terutama di minggu kedua hingga keempat pertumbuhan janin, di mana saat itu terjadi pembelahan sel. Nah, asam folat berfungsi membantu pembelahan sel yang terjadi dalam kandungan. Proses pembelahan sel yang sempurna akan menghasilkan janin yang sempurna pula. Sebaliknya, jika pembelahan sel tidak sempurna, maka janin yang dilahirkan akan mengalami kelainan atau cacat.

pentingnya asam folatJika ada pertanyaan lagi mengenai seberapa pentingnya asam folat selama masa kehamilan trimester pertama ? Jawabannya adalah sangat penting terutama bagi ibu hamil dan janin. Jika pada ibu, kekurangan asam folat bisa menyebabkan meningkatnya resiko anemia, seperti lemah, letih, dan lesu, bahkan meningkatkan resiko terjadinya keguguran.

Selain itu, kekurangan asam folat pada ibu hamil akan menyebabkan kecacatan pada janin, diantaranya : cacat otak, sumsum tulang belakang, bibir sumbing, bayi lahir dengan berat badan rendah, down syndrome, dan lain-lain. Pada ibu hamil, biasanya konsumsi asam folat akan harus lebih ditingkatkan yakni, antara 800 mikrogram hingga 1 miligram per hari.

Untuk mencukupi kebutuhan asam folat, Anda bisa mendapatkannya dari bahan makanan yang mengandung asam folat, diantaranya sayuran hijau, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, jeruk, dan lain-lain. Namun yang perlu diperhatikan adalah proses pencucian yang bersih, jangan sampai makanan yang kita makan mengandung pestisida yang berbahaya. Dan yang terakhir adalah proses memasaknya juga harus benar untuk menghindari rusaknya kandungan asam folat dalam makanan. Nah, selamat menyiapkan diri di usia kehamilan trisemester pertama.