Pengertian Diare

Anda pasti tidak asing dengan penyakit diare, bukan? Ya.. diare biasa menyerang siapa saja, baik anak kecil, remaja, maupun orang dewasa. Pengertian diare sendiri adalah suatu kondisi dimana terdapat gangguan kesehatan dalam saluran pencernaan, tepatnya di usus sehingga mengakibatkan perubahan dalam kepadatan dan karakter tinja menjadi tinja cair yang dikeluarkan tiga kali  atau lebih per hari. Diare yang tidak ditangani dengan baik pada anak-anak dapat menjadi penyebab utama dari gizi buruk atau mal nutrisi, bahkan menjadi penyebab utama kematian anak-anak di Negara berkembang, seperti di Indonesia.

Jika Anda sudah tahu tentang pengertian diare, kini saatnya Anda mempelajari juga tentang penyebab dan upaya pencegahan terhadap diare. Hal itu sangat penting diketahui agar Anda bisa dengan cepat mengatasi anak, maupun keluarga lainnya yang mengalami masalah diare karena penanganan yang baik akan membuat kondisi penderita cepat membaik. Tahukah Anda, diare seringkali membuat penderita, terutama anak-anak menjadi kurang nafsu makan dan memperburuk pencernaan makanan sehingga mengakibatkan tubuh kurang bisa memanfaatkan makanan secara efektif. Padahal dalam kondisi tersebut, tubuh membutuhkan nutrisi tambahan untuk memerangi kuman penyebab diare.

Penyebab terjadinya diare, di antaranya adalah:

  • Adanya  infeksi oleh bakteri pada makanan maupun air minum yang dikonsumsi oleh penderita atau bisa dikatakan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak higienis.
  • Adanya infeksi berbagai macam virus.
  • Memiliki riwayat alergi terhadap suatu jenis makanan
  • Adanya bakteri parasit yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang tidak bersih atau kotor.

Nah, sedangkan upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah diare adalah:

  • Mencuci  tangan dengan sabun hingga bersih pada waktu-waktu tertentu, misalnya :sebelum makan, sesudah BAB, sebelum menyentuh bayi, membersihkan kotoran anak, menyediakan atau menghidangkan makanan.
  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang bersih atau melalui pengolahan yang baik dan higienis
  • Pengolahan sampah yang baik dan menempatkannya di tempat yang sesuai agar tidak dicemari oleh serangga penyebar penyakit, seperti lalat, kecoa, kutu, dan lain-lain.
  • Memiliki saluran pembuangan MCK (mandi cuci kakus) yang baik agar tidak mencemari lingkungan.

Semoga informasi tentang pengertian diare dan seluk beluknya di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.