Memperlancar ASI dengan Akupuntur

Selain mengkonsumsi asupan makanan ataupun melakukan pemijatan pada daerah sekitar payudara, memperlancar produksi ASI juga dapat dilakuan dengan teknik akupuntur. Teknik akupuntur adalah sebuah teknik pengobatan yang dapat dilakukan dengan metode acupresure yaitu pemijatan pada daerah meridian tertentu, atau dengan penggunaan metode penusukan dengan jarum pada titik tertentu pada telapak kaki, ruas tulang belakang serta bagian tubuh secara umum. Apa saja keuntungan dan manfaat memperlancar ASI dengan akupuntur?

Manfaat dan keuntungan

Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan memperlancar ASI dengan akupuntur sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Relaksasi. Beberapa titik meridian tertentu pada tubuh bermanfaat untuk proses relaksasi, sehingga berpengaruh pada kondisi psikologis ibu yang sedang menyusui. Menurut beberapa ahli medis, dikatakan bahwa kondisi psikologis seorang ibu mempengaruhi lancar atau tidaknya produksi dan pengeluaran ASI oleh tubuh.
  • Stimulan. Dengan melakukan teknik acupresure ataupun akupunctur pada titik meridian tertentu pada ruas tulang belakang dan daerah sekitar kepala, ternyata berpengaruh pada kinerja kelenjar hipotalamus di otak yang merupakan pusat kesadaran dan pusat rangsangan pengatur hormon.
  • Keseimbangan hormonal. Beberapa titik meridian pada bagian telapak kaki dan telapak tangan berguna untuk merangsang kinerja jantung dan liver yang bertanggung jawab pada proses peredaran darah serta menjaga keseimbangan volume darah pada tubuh. Menurut salah seorang pakar akupuntur, dikatakan bahwa keseimbangan volume darah yang beredar pada seluruh bagian tubuh akan mempengaruhi keseimbangan hormonal.
  • Relatif aman. Penggunaan metode akupuntur dirasakan lebih aman dibandingkan mengkonsumsi suplemen atau susu khusus ibu menyusui. Hal ini disebabkan kemungkinan kandungan bahan-bahan karsiogenik yang terdapat pada suplemen ataupun susu khusus dan berpotensi menimbulkan efek samping berupa alergi ataupun kanker.

Demikianlah beberapa manfaat dan keuntungan memperlancar ASI dengan akupuntur yang kiranya bisa dipertimbangkan. Namun demikian, ketika memutuskan penggunaan metode akupuntur ini, ada baiknya menggunakan jasa ahli yang telah terlatih dan berpengalaman. Seorang terapisĀ  akupuntur yang kurang berpengalaman justru berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan yang diakibatkan kesalahan dalam penempatan jarum pada titik meridian dalam tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.