Cara Melatih Bayi Belajar Duduk

Bayi yang mulai menunjukkan perkembangan motorik seperti membalikkan badan dan tengkurap, biasanya langkah selanjutnya si bayi akan belajar duduk. Moment ini sering terjadi pada saat bayi berusia 7 bulan. Kemampuan setiap bayi berbeda-beda dan bervariasi antara usia 6-9 bulan. Bila di usia itu bayi belum bisa duduk, orangtua tidak boleh memaksa. Yang boleh dilakukan adalah mendorong dan melatih bayi belajar duduk dengan cara yang menyenangkan.

Beberapa Cara Melatih Bayi Belajar Duduk

1. Mengajari Menekuk Kaki

Untuk bisa duduk, bayi harus mampu menekuk kedua kaki secara bersamaan sampai dapat terpegang olehnya dalam posisi terlentang. Oleh karena itu, dianjurkan agar ibu membiarkan bayi memiliki banyak waktu agar dapat aktif bergerak sebagai cara melatih bayi belajar duduk.

2. Mengajari Menahan Kepala Tetap Tegak

Untuk bisa duduk, bayi harus dapat menahan kepalanya agar tetap tegak dan tidak terkulai ke samping, ke belakang atau ke depan. Oleh karena itu salah satu cara melatih bayi belajar duduk adalah dengan sering bermain dengan bayi di tempat tidur. Pada saat itu, bayi suka memandangi wajah ibunya dengan mengajaknya bermain, bayi akan termotivasi untuk menggerakkan kepalanya ke arah dimana ibunya berada. Gantungkan mainan yang menarik dan berwarna cerah sekitar 20 – 30 cm di atas tempat tidur bayi agar ia tertarik untuk melihatnya sehingga tetap menahan kepalanya untuk tegak. Dengan cara melatihnya tengkurap sebelum melatih bayi belajar duduk, berarti bayi telah melatih otot-otot lehernya agar lebih kuat, serta melatih kontrol kepalanya.

3. Mengajari Aktif Memutar Badan

Bayi biasanya sudah mampu membalikkan tubuhnya dari posisi terlentang ke posisi tengkurap. Untuk itu ibu harus rajin memberi rangsangan agar bayi aktif menggerakan pinggul dan bahunya. Sebaiknya sebelum 6 bulan, rangsang bayi untuk aktif memutar badannya dengan cara meletakkan mainan yang sangat diinginkannya, di dekat dirinya, lalu biarkan bayi bergerak dari posisi terlentang untuk meraih benda tersebut.

4. Mengajari Duduk Sendiri Tanpa Pegangan

Jika bayi sudah mulai bisa duduk dengan bersandar, cobalah melatih bayi belajar duduk sendiri tanpa pegangan. Caranya, dudukkan anak di pangkuan dengan menghadap keluar dan bersandar pada perut Ibu. Lalu, pegang mainan yang menarik perhatian pada jarak penglihatan bayi. Usahakan agar bayi langsung tertarik sehingga ia berusaha meraihnya, saat ia ingin meraih mainan tersebut, jauhkan mainan dari si kecil sedikit demi sedikit sampai ia tidak bersandar lagi. Lambat laun, bayi akan duduk sendiri tanpa pegangan kemudian, bayi akan belajar dari posisi duduk untuk berdiri.