Anak Sakit Perut dan Badan Panas

Anak sakit panas? Sakit panas yang diderita anak seringkali dianggap sepele oleh orang tua, karena sakit panas yang diderita bisa diobati dengan obat penurun panas. Namun sebaiknya jangan sepelekan sakit panas yang diderita anak apabila anak juga terserang sakit perut, karena bisa saja, anak terserang penyakit yang lebih gawat dan tidak cukup diobati dengan obat penurun panas.

Anak sakit perut dan badan panas merupakan pertanda adanya serangan penyakit yang serius dan harus segera diambil tindakan yang cepat dan tepat, agar tidak mengakibatkan gangguan lain, seperti kejang-kejang atau mungkin perdarahan pada organ-organ pencernaan.

Kemungkinan penyakit anak sakit perut dan badan panas

Gejala lain mungkin saja mengikuti anak yang terserang penyakit perut dan badan panas, sehingga terdapat beberapa kemungkinan penyakit yang dapat diderita anak sakit perut dan badan panas. Berikut ini akan diberikan daftar beberapa kemungkinan jenis penyakit yang menyerang anak dengan kombinasi sakit perut dan badan panas, sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Keracunan makanan atau minuman. Gejala lain yang menyertai adalah mual, muntah dan pening atau dunia serasa berputar.
  • Usus buntu. Gejala lain yang mengiringi adalah mual, muntah dan nyeri pada perut bagian bawah. Terkadang susah untuk dibuat berjalan akibat rasa nyeri yang hebat.
  • Viral gastroenteritis. Penyakit ini disebut juga flu perut. Gejala lain yang mengiringi adalah mual dan muntah.
  • Irritable bowel syndrom. Gejala lain yang mengiringi adalah nyeri pada daerah perut sekitar pusar bawah. Disebabkan oleh bakteri helicobacter.
  • Infeksi kolon. Gejala lain yang menyertai adalah adanya darah pada tinja.

Berbagai macam gejala lain yang menyertai anak sakit perut dan badan panas diatas, sebaiknya tidak dianggap remeh oleh orang tua. Keterlambatan dalam perlakuan tindakan medis yang tepat, bisa saja mengancam keselamatan jiwa anak. Alangkah lebih baik jika segera mengunjungi dokter, apabila sakit perut dan badan panas yang diderita anak ternyata memiliki gejala lain yang bisa membahayakan jiwa. Semoga bermanfaat.