Penyebab Kanker Mata Pada Anak dan Cara Pencegahannya

Kanker mata pada anak adalah kanker yang terjadi pada retina. Retina adalah bagian mata yang berfungsi sebagai penerima cahaya. Bagian retina ini sangat peka terhadap cahaya. Kanker mata bisa menyerang siapa saja tapi kebanyak menyerang anak-anak. Berdasarkan data stastistik setiap tahun 200 juta anak menderita penyakit retinoblastoma. Penyakit kanker mata ini sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kebutaan dan bahkan mengakibatkan kematian.

Penyakit kanker mata pada anak merupakan penyakit yang susah untuk disembuhkan bahkan tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dicegah dan apabila sudah terkena hanya bisa dicegah agar tidak menjalar ke bagian tubuh lain dengan cara diangkat mata yang terkena kanker. Ada kemungkinan bisa disembuhkan apabila ukuran kanker sangat kecil atau sekitar setengah sentimeter. Pencegahan menjadi lebih susah karena penyebab kanker mata pada anak tidak pasti.

Penyebab Kanker Mata Pada Anak

Sampai sekarang penyebab penyakit kanker mata belum diketahui secara pasti. Kemungkinan besar adalah disebabkan oleh faktor keturunan. Oleh karena itu Risiko kanker mata lebih besar apabila dalam suatu keluarga ada yang menderita kanker mata, tingkat penurunan bisa mencapai 45%. Selain itu bisa juga disebabkan faktor lingkungan, terutama yang tidak kondusif dan rentan terhadap persebaran infeksi, virus, dan bakteri. Paparan sinar radiasi dan juga bahan-bahan kimia juga bisa meningkatkan resiko kanker mata pada anak. Oleh karena Penyebab kanker mata belum diketahui secara pasti maka pencegahannya menjadi sulit. Yang pasti kanker mata disebabkan oleh faktor genetik.

Cara Mencegah Kanker Mata Pada Anak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker mata pada anak :

  1. Kenali gejala penyakit kanker mata pada anak atau disebut juga dengan identifikasi dini. Kanker yang muncul pada stadium awal biasanya dapat disembuhkan. Kebanyakan kasus retinoblastoma yang terdeteksi sejak awal serta ditangani  secara memadai dapat disembuhkan. Bahkan ada kemungkinan mata masih bisa dipertahankan jika ukuran kanker masih kurang dari 0,5 cm. Akan tetapi semakin terlambat dideteksi, peluang sembuh penderita retinoblastoma semakin kecil.
  2. Jaga pola makan anak. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia.
  3. Perhatikan kontak bahan kimia pada anak seperti sabun dan shampo. Pastikan menggunakan sabun dan shampo yang standard.
  4. Jauhkan anak dari radiasi yang berbahaya seperti radiasi sinar x, radiasi handphone dan computer.
  5. Jaga selalu kebersihan diri anak

Langkah-langkah pencegahan dapat dilakukan dimulai dari melakukan identifikasi dini.  Dengan melakukan identifikasi dini maka tingkat keparahan penyakit kanker mata bisa dicegah. Identifikasi dini dilakukan dengan mengenali gejala-gejala penyakit kanker mata yang umum terjadi dan bisa dilihat langsung oleh mata perbedaan ketika mata normal dan mata anak yang mengalami kanker mata. Adapun gejalanya adalah :

  • Munculnya bintik putih di bagian hitam bola mata yang umumnya disebut mata kucing (cat eye) .
  • Warna mata yang berlainan dan mata merah akibat peradangan juga terasa nyeri.
  • Pada makula mata terdapat tumor yang menyebabkan mata menjadi juling dan menonjol bola mata keluar.

Apabila mendapati gejala-gejala kanker mata pada anak tersebut segeralah bawa anak ke dokter. Mengetahui penyebab kanker mata pada anak dan cara pencegahannya akan membuat kita menjadi lebih waspada bila ada gejala tersebut pada anak-anak.