Penyebab Dan Penanganan Bayi Susah Makan Di Bawah Usia 24 Bulan

Penanganan bayi susah makan di bawah usia 24 bulan bisa dibilang gampang-gampang susah. Bayi memang cenderung memilih ASI untuk memenuhi rasa lapar mereka sehingga jika diberi makanan padat, mereka cenderung menolak. Jika seorang ibu punya banyak waktu untuk selalu memenuhi kebutuhan ASI buah hatinya, maka tidak ada masalah yang cukup besar di sini. Namun jika bayi sudah harus diberi makanan padat sementara ibu tidak punya cukup waktu untuk selalu memberi ASI, maka setiap bayi mereka lapar maka hal ini akan menjadi masalah besar.

Mengenal penyebab dan penanganan bayi susah makan di bawah usia 24 bulan

Akan cukup mengesalkan ketika menemukan buah hati anda yang pada tahun pertamanya gendut menggemaskan karena cukup makan dan cukup ASI harus berubah menjadi susah makan dan hanya mau terus menerima ASI tanpa makanan padat. Sebenarnya terdapat beberapa teori mengapa hampir setiap bayi mengalami fase ini, yaitu fase susah makan:

  • Mekanisme diet
    Bayi memiliki mekanisme diet sendiri sehingga secara alami bayi anda akan kehilangan nafsu makan karena tubuh bayi merespon untuk tetap menjaga berat badan tanpa menjadi obesitas saat umur menginjak 24 bulan.
  • Bayi menjadi lebih aktif
    Bayi umur diatas 12 bulan biasanya sudah mulai bisa berjalan sehingga perhatiannya teralih ke hal-hal yang lebih menarik di sekelilingnya dan waktu makan justru mengganggu aktifitasnya.
  • Bayi sedang sakit
    Bayi yang sedang sakit secara fisik cenderung menolak untuk makan, seperti pada saat gigi tumbuh atau tidak enak badan karena demam

Tips dan penanganan bayi susah makan di bawah usia 24 bulan

Terdapat beberapa cara atau tips ampuh untuk penanganan bayi susah makan di bawah usia 24 bulan. Adapun cara atau tips tersebut seperti dibawah ini:

  • Beri kepercayaan lebih kepada buah hati anda dengan membiarkannya makan sendiri. Mereka akan menemukan keasikan tersendiri saat makan tanpa bantuan orang dewasa.
  • Anak cenderung menyemburkan makanan yang tidak disukainya, tapi hal ini bisa juga disebabkan untuk mendapatkan perhatian lebih dari orang tuanya. Jangan menoleh atau peduli jika mereka melakukan hal itu, lama-kelamaan mereka juga akan bosan mencari perhatian anda dengan cara itu.
  • Berikan peringatan tegas kepada bayi anda, anak diatas umur 12 bulan akan mengerti maksud anda dengan lebih baik dari yang anda kira. Kalau perlu hentikan acara makan sampai mereka mengerti maksud anda.

Pembahasan tersebut di atas adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan buah hati anda susah makan serta bagaimana cara yang tepat dalam menanganani bayi susah makan di bawah usia 24 bulan.