Nutrisi Anak Pencegah Flu dan Batuk

Anak balita yang sedang mengalami sakit karena flu dan batuk seringkali membuat hati ibu sedih. Tak tega rasanya melihat anak kesayangan harus menderita karena penyakit. Mereka jadi sulit makan, tidak bisa tidur dengan nyenyak dan menjadi lebih rewel. Flu dan batuk memang penyakit yang biasa dialami anak-anak. Untuk mencegah datangnya penyakit ini ibu bisa menyiapkan nutrisi pencegah flu dan batuk untuk anak di rumah.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa disiapkan ibu untuk mencegah datangnya penyakit flu dan batuk pada anak-anak:

  • Sup ayam -  Resep membuat sup ayam telah digunakan selama berabad lamanya oleh banyak orang. Sup ayam diyakini bisa menyembuhkan flu, demam, batuk dan penyakit kecil lain yang sangat mengganggu. Anak-anak biasanya suka sup ayam tapi bila tidak, anak juga bisa dibuatkan sup sayuran yang dicampur dengan kaldu. Rasanya segar dan nikmat.
  • Bawang – Salah satu bahan masakan yang bisa mengenyahkan flu dan batuk dari anak-anak adalah bawang. Bawang membantu mengeringkan mucus dan membuat flu anak Anda lebih cepat pergi. Tumis bawang Bombay dicampur dengan bumbu kari lalu dimakan bersama dengan nasi panas akan menggugah selera makan anak Anda. Bawang Bombay adalah salah satu nutrisi anak pencegah flu dan batuk.
  • Jamur – Ada beragam jenis jamur seperti jamur reishi, maitake dan shitake yang mengandung nutrisi tertentu. Nutrisi dalam jamur ini bisa meningkatkan system kekebalan tubuh untuk memebantu memerangi flu dan batuk yang menyerang. Terlebih lagi, jamur ini bisa ditambahkan dalam berbagai jenis masakan tergantung selera dan rasa yang ibu inginkan.
  • Anggur – Kandungan vitamin C di dalam buah ini termausk tinggi. Vitamin C ini menjadi kandungan nutrisi yang membantu mengatasi msalah flu dan sinus pada anak. Buah ini juga efektif untuk membantu proses detoksifikasi pada hati. Benayak dokter dan ahli kesehatan merekomendasikan buah ini untuk dikonsumsi per hari. setidaknya ada sedikit takaran yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan yang ideal untuk dikonsumsi dan membantu mencegah datangnya flu dan batuk pada anak adalah makanan yang banyak mengandung cairan. Makanan yang mengandung banyak cairan membantu membuang racun keluar dari tubuh melalui urinasi ataupun Buang Air Besar. Beberapa jenis nutrisi diatas bisa dijadikan pegangan sebagai nutrisi anak pencegah flu dan batuk. Jadi, silakan ibu meracik menu yang menggugah selera dengan bahan-bahan tersebut lalu sajikan di atas meja makan. Selamat mencoba.