Mengenal Masa Subur Wanita dan Cara Menghitungnya

Hampir mayoritas wanita mengalami apa yang disebut dengan istilah menstruasi. Menstruasi pada wanita merupakan siklus yang terjadi rata-rata setiap bulan sekali. Meskipun demikian, mengenai interval antara siklus menstruasi satu dengan lainnya tidak selalu sama setiap bulannya. Demikian pula dengan lamanya menstruasi. Sebenarnya menstruasi hanyalah sebab dari tidak terjadinya pembuahan sel telur di dalam saluran reproduksi wanita. Jika sel telur dibuahi oleh sel sperma, maka terjadilah kehamilan dan wanita tak lagi mengalami menstruasi. Nah, masa ketika sel telur telah siap untuk dibuahi disebut dengan masa subur. Menghitung masa subur wanita sangat penting di dalam sistem perencanaan keluarga. Dengan mengetahui masa subur wanita, maka akan dapat dilakukan program mempercepat kehamilan atau justru sebaliknya, mencegah kehamilan.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghitung masa subur wanita:
1. Dengan sistem kalender
Sistem ini disebut dengan istilah sistem kalender karena memang basic utamanya adalah kalender. Untuk mengetahui masa subur harus mengetahui terlebih dahulu kapan pertama menstruasi, kemudian lama menstruasi dan jarak antara menstruasi pertama dengan menstruasi berikutnya. Masa subur dihitung dengan rumus berikut :
Masa Subur adalah dihitung dari hari terakhir menstruasi ditambah 13 dan atau siklus terpendek menstruasi ditambah 11.

2. Menggunakan uji lendir atau periksa lendir
Pada organ intim wanita mengeluarkan lendir. Ketika diambil dengan ujung jari telunjuk dan ibu jari, kemudian kedua ujung direnggangkan, ukuran lendir yang ikut menjulur di antara ujung jari menunjukkan masa subur. Masa subur terjadi ketika lendir dapat ditarik memanjang.

3. Menggunakan sistem pengukuran suhu tubuh wanita
Ketika memasuki masa subur, suhu tubuh wanita mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu dengan mengukur suhu tubuh secara teratur, maka akan dapat diperoleh rumus kenaikan suhu setiap bulannya. Masa subur adalah masa ketika wanita memiliki suhu tubuh tertinggi selama satu bulan. 

4. Dengan menggunakan kalkulator masa subur.
Kalkulator masa subur hampir menyerupai sistem kalender, yaitu dengan mengetahui kapan mulai menstruasi, masa berakhir serta lama menstruasi. Bedanya yang menghitung adalah alat dengan memasukkan angka-angka terkait tanggal menstruasi, waktu berkahir dan lamanya.

5. Dengan menggunakan periksa air seni
Air seni dapat diperiksa secara laboratorium, dengan melihat komposisi estrogen dan progesteron dalam air seni.

6. Menggunakan alat disebut ovutest scope
Ovutes scope mengukur kandungan hormon kesuburan wanita melalui air liur.

Demikian cara-cara menghitung masa subur wanita, semoga bermanfaat.