Mengatasi Cacingan Pada Anak Secara Alami

Cacingan? sering kita mendengar ada anak cacingan. Sebenernya apa itu cacingan? Cacingan merupakan jenis penyakit yang sering menimpa pada bayi dan anak-anak. Cacingan terjadi akibat tubuh terinfeksi oleh cacing parasit. Apabila anak terkena cacingan akan menjadikan anak kurang gizi dan juga mengalami gangguan pada pencernaan, selain dua gangguan tersebut anak akan mengalami anemia atau kurang darah akibat di serang oleh cacing. Cacing masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori dan makanan akibat kurang menjaga kebersihan lingkungan. Jenis cacing antara lain cacing pita, cacing kremi, cacing tambang dan cacing gelang.

Gejala cacingan pada anak pada umunya sama dengan jenis penyakit lain seperti batuk, muntah, rewel, mencret, perut kembung, susah makan dan lainya. Untuk mendiagnosa gejala cacingan pada anak adalah dengan cara melihat stuktur kotoran anak tatkala buang air besar atau saat anak mengalami muntah. Namun sulit untuk mengenali telor cacing saat keluar bersamaan dengan kotoran yang keluar, dengan begitu apabila kotoran yang keluar dari tubuh anak ada cacingnya itu artinya cacingnya sudah besar, dan apabila hanya batuk dan mencret ada kemungkinan cacingnya masih kecil. Untuk mencegah cacingan yaitu dengan cara menjaga kebersihan lingkungan mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun anti septic pada air yang mengalir, memotong kuku untuk mencegah kotoran di dalam kuku yang memicu bersarangnya telur cacing.

Cara mengatasi cacingan secara alami: 

  •  Wortel – perasan air wortel dari 1 buah wortel yang sudah di parut, di campur dengan santan kental dari ¼ kelapa yang sudah di parut di tambah sedikit garam aduk di dalam gelas dan minumkan pada penderita cacingan. Ramuan ini bisa membantu membrantas serangan cacing.
  •  Bawang putih – 3 butir bawang putih dan 30 gram akar papaya rebus kemudian saring di gelas dan  tambahkan gula merah lalu aduk, ramuan ini untuk menghancurkan jenis cacing kremi.   
  • Biji jeruju – tumbuk biji jeruju kemudian seduh dengan air segelas air panas, minum sampai habis.
  •  Akar delima – rebus akar delima dengan satu gelas air sampai matang, lalu saring dan ambil airnya kemudian minumkan sampai habis.
  •  Biji papaya – keringkan biji papaya kemudian tumbuk sampai halus, seduh dengan setengah gelas di tambah sedikit madu.
  • Kulit mangga – rebus kulit mangga selama 15 menit lalu ambil airnya dan minumkan pada anak penderita cacicangan. Antelmintik yang terkandung di dalam kulit mangga membantu mencegah penyakit cacing terutama untuk anak-anak, antelmintik juga ampuh membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam perut.
  • Krokot – rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan seduh setelah dingin minumkan pada anak yang terkena cacingan.