Mengatasi Bayi Susah Makan

Agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka dibutuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Sayangnya memberi makan kepada bayi tidak semudah yang dibayangkan. Tak heran jika banyak orang tua sering mengeluhkan bayinya susah makan, meskipun makanan yang diberikan merupakan makanan yang paling enak dan bergizi. Akibatnya berat badan bayi turun dan perkembangannya menjadi terhambat.

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Susah Makan?

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengetahui cara yang tepat ketika menyuapi makan bayi. Berikut beberapa tipsnya:

  • Ketahui makanan kesukaan bayi Anda sekaligus makanan yang tidak disukainya sehingga akan memudahkan Anda ketika menyajikan menu makanan untuk bayi.
  • Buatlah jadwal waktu makan buat si kecil. Membuat jadwal waktu makan bermanfaat agar bayi kenal, ingat dan terbiasa dengan waktu makannya sehingga bayi tidak akan rewel manakala Anda memberinya makan ke mulut bayi. Selain itu bayi juga akan menangis apabila Anda belum menyiapkan makanannya manakala sudah memasuki jam makan si kecil.
  • Pastikan orang yang menyuapi makan adalah orang yang paling dekat dengan bayi karena biasanya bayi akan menolak untuk disuapi makan dari orang yang belum dikenalnya. Misal Ibu atau baby sister.
  • Gunakan teknik menyuapi makan bayi yang benar, seperti pemakaian sendok kecil khusus untuk bayi ketika akan menyuapi sehingga takarannya pas sesuai dengan ukuran mulut bayi. Ketika menyuapi bayi, mula-mula ambillah sedikit makanan pada ujung sendok. Selanjutnya Anda suapi bayi dengan cara memasukkan makanannya sampai menyentuh langit-langit mulut bayi. Jika sudah terbiasa, Anda dapat menambahkan sedikit lagi takarannya. Ketika menyuapi makan untuk bayi, Anda harus berada di posisi tepat menghadap arah depan bayi, jangan menyamping apalagi membelakangi. Demikian pula Anda sebaiknya duduk dan menatap mata bayi kemudian ajaklah berkomunikasi. Jangan menyuapi bayi di depan televisi atau ketika bayi bermain karena dapat mengganggu konsentrasi makannya. Karena lambung bayi masih kecil, maka Anda tidak diperkenankan untuk memaksa bayi menghabiskan makanannya. Selesai makan biasanya bayi ingin langsung minum. Oleh karena itu Anda sediakan selalu air putih setiap kali menyuapi bayi.

Demikianlah beberapa cara sederhana mengatasi bayi susah makan. Semoga cara di atas dapat mengembalikan selera makan bayi sehingga berat badannya naik dan dapat tumbuh berkembang dengan baik. Selamat mencoba!