Menangani Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi

Penyakit jantung bawaan pada bayi terjadi sejak masih dalam kandungan. Pembentukan jantung yang kurang sempurna menyebabkan setelahbayi  lahir anak memiliki penyakit jantung bawaan. Hal ini memang membuat orang tua khawatir tapi seiring dengan perkembangan teknologi kesehatan, penyakit ini bisa diatasi. Penyebab penyakit ini antara lain karena faktor keturunan, obat atau bahan kimia serta alkohol yang dikonsumsi ibu, polusi dan lain sebagainya.

Berbagai Macam Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Penyakit jantung bawaan yang terjadi pada bayi ada beberapa macam tergantung gangguan yang terjadi di organ jantung.Berikut diantaranya:

  • Pulmonary Stenosis atau PS. PS ini terjadi karena katup paru mengalami penyempitan, akibatnya salah satu ruang jantung bekerja lebih keras dan membengkak. PS ini perlu diwaspadai karena seringkali baru bisa di diagnosa saat bayi/anak sudah besar.
  • Ventracular Septal Defect atau VSD. Penyakit jantung bawaan pada bayi/anak ini merupakan yang paling banyak terjadi. Penyakit jantung terjadi karena ada kebocoran jalannya darah di antara bilik jantung akibat adanya lubang. Yang menjadi masalah kalau lubang yang terjadi semakin besar. Anak dengan penyakit VSD ini memiliki nafas yang terengah-engah dan sangat mudah capai fisiknya.
  • Yang ketiga adalah mirip dengan VSD, hanya saja lubang yang terjadi antar serambi jantung bukan antar bilik. Penyakit jantung ini disebut Atrial Septal Defect atau ASD. Akibat penyakit ini, jalannya darah yang mengalirkan oksigen menjadi terhambat. Akibatnya anak memiliki nafas yang pendek.

Mengatasi Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Penyakit jantung bawaan tertentu bisa dideteksi ketika usia kandungan mencapai 20 minggu melalui USG. Dengan deteksi dini ini, dokter akan memberikan tindakan untuk mencegah penyakit menjadi lebih parah nantinya. Namun kebanyakan, penanganan dilakukan saat bayi sudah lahir.

Penyakit jantung bawaan karena ada lubang bisa tertutup dengan sendirinya ketika bayi makin bertumbuh dewasa. Namun, ketika penyakit jantung bawaan memang tidak bisa sembuh, dengan sendirinya maka tindakan operasi menjadi alternatif. Metode yang disebut transcather device occlusion bisa untuk menutup lubang yang terjadi di antara sekat jantung.

Salah satu jenis operasi jantung lain yang bisa dilakukan dinamakan angioplasty. Angioplasty merupakan operasi yang dilakukan dengan memasukkan alat berupa pipa yang sangat tipis. Alat kecil ini akan masuk ke pembuluh darah dan bisa mengatasi pembuluh darah yang sempit. Akibatnya, pembuluh darah yang menyempit menjadi normal dan aliran darah bisa kembali normal dan lancar.

Jadi para orang tua tidak perlu terlalu khawatir karena sudah ada banyak cara untuk mengatasi penyakit jantung bawaan pada bayi dan anak balita Anda.