Memilih Makanan Organik Untuk Bayi

Di era sekarang ini, tentu kita semua tahu bahwa lahan pertanian yang menyempit, membuat para petani mengolah lahannya sedemikian rupa agar tetap produktif. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan beberapa pupuk atau pestisida untuk merangsang kesuburan tanah dan meningkatkan hasil tanam. Tak terlepas pula pada tanaman bahan pangan seperti sayuran dan buah-buahan.

Saat bayi kita bertambah usia, tentu kebutuhan nutrisinya juga meningkat. Mereka tidak akan puas hanya dengan ASI atau susu formula. Mereka membutuhkan asupan gizi yang beragam yang berasal dari biji-bijian, ikan, daging, sayur-sayuran dan buah-buahan. Adalah sangat bijak jika sebagai orang tua, kita sangat memperhatikan asupan gizi yang diterima bayi kita. Dan tentu kita tahu, bahaya pestisida yang terkandung dalam sumber pangan hasil pertanian untuk bayi kita.

Sistem pencernaan bayi masih belum sempurna, sehingga jika mereka mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung pestisida di dalamnya akan sangat berbahaya bagi bayi.

Beberapa jenis buah dan sayuran yang mungkin memiliki tingkat pestisida tertinggi ditemukan pada apel, paprika, ceri, anggur impor, seledri, kentang, bayam dan strobery.

Sedangkan buah dan sayur yang memiliki tingkat pestisida terendah ditemukan pada alpukat, brokoli, kembang kol, pisang, asparagus, jagung manis, kiwi, mangga, pepaya, dan kacang polong manis.

Saat ini sudah mulai banyak produsen makanan atau bahan makanan yang memproduksi bahan makanan dengan sayuran atau buah-buahan organik. Tentu makanan organik harganya lebih mahal dari makanan konvensional tetapi mereka memiliki tingkat residu pestisida lebih rendah, sehingga aman untuk bayi kita. Salah satu contoh bahan makanan organik adalah tepung beras organik yang mulai banyak dijual di pasaran. Tentu bahan makanan ini sangat membantu bagi kita yang ingin memberikan makanan sehat dan aman untuk bayi kita. Biasanya tepung beras organik masih harus dimasak sendiri dan dapat dicampurkan dengan bahan-bahan lain yang kita inginkan. Sementara sayuran dan buah-buahan organik bisa kita temukan di supermarket ataupun pasar dengan kemasan khusus yang berlabel organik.