Masalah Kulit Wajah Anak Usia 18 Tahun

Anak usia 18 tahun dapat dikatakan sebagai usia menuju dewasa. Ia akan bisa mendapatkan KTP ataupun SIM sebagai identitas tambahan. Ia juga sudah mulai sibuk untuk kuliah setelah lulus dari sekolah menengah. Tetapi, karena umurnya yang masih dianggap ‘tanggung’ maka ia pun masih labil dan tanpa berpikir panjang melakukan apapun yang disukainya. Dan hal tersebut tentu saja berakibat kepada fisik dan kesehatannya sendiri. Masalah lain yang sering ditemukan oleh anak usia 18 tahun tentu saja dengan kulit. Sebenarnya, masalah kulit apa yang dihadapi oleh anak usia 18 tahun?

Kulit Wajah Anak Usia 18 Tahun

Anak usia 18 tahun biasanya bermasalah dengan kulit. Hal ini tidak mengherankan karena kulit wajah saat memasuki usia remaja akan muncul karena faktor hormonal. Untuk gadis remaja, faktor hormon biasanya berkaitan dengan siklus bulanan yang harus dihadapinya. Dalam keadaan seperti ini, kesetimbangan hormon menjadi tidak dapat dikendalikan sehingga wajah pun menjadi bermasalah. Apalagi bila ia tergolong malas untuk membersihkan wajah secara teratur, khususnya di malam hari sebelum tidur agar kulit wajahnya terbebas dari kosmetik yang menutup pori-pori. Masalah kulit wajah saat memasuki usia remaja juga dialami oleh anak laki-laki. Jika ia tidak dapat mengontrol makanan yang dikonsumsi dan tidak menjaga kebersihan wajah, maka masalah klasik anak usia 18 tahun berupa jerawat pun akan datang menghampiri. Untuk menghindari semua masalah kulit tersebut, maka anak usia 18 tahun harus rajin-rajin membersihkan wajah dan juga mengontrol makanan. Jika sembarangan mengkonsumsi makanan yang dapat memicu masalah jerawat di wajah seperti makan gorengan dan makanan cepat saji, tentu dampaknya akan langsung dapat terlihat di wajah. Tetapi, jika masalah kulit wajah saat memasuki usia remaja ini tetap membandel, anda dapat melakukan pencegahan dan pengobatan dengan pergi ke dokter sehingga masalah kulit anda pun dapat segera terpecahkan. Oleh karena itu, melakukan kebiasaan baik dengan melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang serta meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak baik untuk kulit harus benar-benar diperhatikan oleh anak usia 18 tahun.

Kulit Sensitif Pada Anak Usia 18 Tahun

Anak usia 18 tahun juga sering mengalami masalah kulit wajah sensitif. Hal ini sering kali terjadi karena bisa saja ia telah mencoba berbagai macam kosmetik saat masih duduk di SMP. Kulit remaja yang masih sangat alami semestinya dirawat dengan menggunakan kosmetik yang ramah terhadap kulit remaja. Kebanyakan, anak usia 18 tahun salah memilih kosmetik dan tanpa berpikir apakah umurnya telah cocok untuk menggunakannya. Hal ini tidak dibenarkan karena kulit remaja semestinya mendapatkan komposisi bahan yang lebih ringan dibandingkan mereka yang umurnya lebih tua. Jika ia mengabaikannya, maka kulit wajah sensitif dapat menjadi akibat yang harus ditanggung karena memang kulit remajanya telah terkontaminasi zat-zat yang semestinya belum boleh diaplikasikan di wajah. Oleh karena itu, anak umur 18 tahun harus pintar-pintar dalam memilih kosmetik yang akan digunakannya sehari-hari dengan memperhatikan bahan-bahan yang tertera dalam label kemasan. Dengan begitu, permasalahan kulit wajah yang sering dihadapi oleh para remaja pun dapat diminimalisir. Dan bila kulit wajah sensitif ini akhirnya harus ditanggung oleh remaja, maka ia pun harus semakin ekstra hati-hati dalam memilih semua produk perawatan kulit wajah bila tidak ingin wajahnya semakin ‘hancur’. Pemilihan produk kosmetik yang cocok untuk jenis kulit sensitif akan membantu mengurangi permasalahan yang jauh lebih parah bila ia membiarkan saja. Jadi, anak umur 18 tahun harus tahu tipe dan jenis kulitnya sendiri agar ia dapat menemukan kosmetik yang cocok agar tidak salah pilih. Dengan begitu, wajah halus dan mulus pun akan tetap dirasakan oleh anak umur 18 tahun.