Manfaat Membacakan Buku Cerita Bergambar Bagi Tumbuh Kembang Balita

Manfaat membacakan buku cerita bergambar bagi tumbuh kembang balita adalah salah satu alasan mengapa Anda harus meluangkan waktu untuk membacakan cerita bagi anak Anda, terutama apabila dia sedang dalam masa balita. Membesarkan seorang anak memang tidak mudah, butuh ketelatenan, kesabaran, dan tentu saja, kasih sayang. Walaupun Anda menyewa seorang pengasuh anak, campur tangan anda sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak Anda. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak Anda, seperti memberinya makanan bergizi, tontonan TV atau video yang menstimulasi perkembangan otaknya, dan juga membacakan anak anda cerita bergambar. Membacakan cerita bergambar, faktanya, adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan dengan balita Anda setelah pulang bekerja atau sebelum tidur, dan selain itu, ini tidak akan menyita banyak waktu. Satu alasan mengapa Anda harus meluangkan waktu untuk membacakan cerita bergambar adalah banyak manfaat yang bisa anak Anda dan Anda sendiri dapatkan dari kegiatan ini.

Manfaat Membacakan Buku Cerita Bergambar Dalam Hubungan Anda Dengan Anak Anda
Manfaat di atas terutama dibagi menjadi dua; yaitu manfaat bagi tumbuh kembang balita dalam hubungan dengan Anda sebagai orangtua dan manfaat secara psikologis. Manfaat membacakan buku cerita bergambar sebenarnya adalah membangun hubungan batin yang lebih kuat antara Anda dengan anak Anda. Mengapa bisa begitu? Saat membacakan cerita bergambar, Anda tentunya harus berdekatan dengan anak Anda –beberapa orang tua terkadang memangku anak mereka saat membacakan cerita. Kedekatan seperti inilah yang membuat rasa aman dan nyaman seorang balita, dan juga anak-anak usia sebelum remaja. Selain itu, karena anda meluangkan waktu bagi anak anda untuk membacakannya cerita bergambar, maka dia akan merasa disayangi oleh orang tuanya. Lalu apa pengaruhnya bagi tumbuh kembang balita. Ini terutama berhubungan dengan kondisi psikologis anak itu sendiri. Dengan merasa aman, nyaman, dan disayangi oleh orang tuanya, seorang anak akan tumbuh menjadi manusia yang percaya diri. Anak-anak seperti inilah yang biasanya vocal dalam suatu masalah; dan mereka cenderung menjadi pemimpin yang baik bagi orang lain.

Manfaat Membacakan Buku Cerita Bergambar Bagi Tumbuh Kembang Intelektual
Selain membangun kedekatan batin antara anak dan orang tuanya (yang lalu berpengaruh pada perkembangan rasa percaya diri seorang anak), manfaat membacakan buku cerita bergambar adalah bagi tumbuh kembang seorang anak secara intelektual. Saat Anda membacakan cerita pada balita Anda, maka secara tidak langsung dia akan mempelajari perbendaharaan kata yang baru, lengkap dengan atribut bahasa yang menyertai (intonasi, contohnya). Pada tahap awal, mungkin balita anda masih belum bisa mengikuti dialog atau cerita yang Anda bacakan. Namun secara bertahap, seiring dengan dia bertanya dan anda menjelaskan, dia akan mampu menangkap apa yang Anda ceritakan. Selain perbendaharaan kata, balita anda juga bisa belajar warna, angka, dan objek/benda baru. Menstimulasi kreatifitas juga merupakan manfaat membacakan cerita bergambar bagi balita Anda –ini bisa Anda lakukan apabila Anda bertanya pada balita Anda untuk membuat cerita lanjutan dari yang telah dibacakan atau menebak apa yang akan terjadi selanjutnya pada tokoh cerita. Apabila Anda memulai hari ini, maka akan lebih banyak lagi manfaat membacakan buku cerita bergambar bagi tumbuh kembang balita.