Daftar Obat Anak Yang Harus Disiapkan Di Rumah

Persiapkan obat-obatan yang menunjang di rumah jadi  jika  anak mendadak sakit dan membutuhkan penanganan secepatnya , persediaan obat berikut sangat membantu terutama untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman pada anak.

  1. Obat penurun demam sediakan obat yang cocok untuk anak cek jika suhunya diatas 37,5° itu pertanda demam. perbanyak minum air terlebih dahulu sebelum memberikan obat penurun demam, bila tetap demam berikan obat 4 jam sekali dengan dosis sesuai usia anak.
  2. Gel pembersih tangan
  3. Obat penghilang rasa sakit Parasetamol atau ibu profen yang terbaik untuk demam ringan dan menghilangkan sakit serta nyeri seperti sakit gigi, sakit kepala. Ingat penggunaannya jangan melebihi dosis yang dianjurkan.
  4. Obat Flu dan Pilek ada baiknya menyimpan beberapa jenis obat flu dan pilek baik yang tablet kunyah atau berbentuk sirup. Beberapa obat flu bisa membantu meringankan sakit sendi, sakit kepala, batuk dan hidung tersumbat tanpa meminum obat yang terpisah untuk setiap penyakit.
  5. Obat alergi – anthihistamin cair bekerja untuk menekan histamin yaitu zat kimia yang dilepaskan selama reaksi alergi.
  6. Obat Ruam merupakan krim antihistamin yang membantu mengatasi gatal dan ruam kulit, sediakan juga Krim ruam popok jika ada bayi dirumah.
  7. Oralit Saran terbaik untuk sakit perut adalah membiarkan infeksi nya keluar dan senbagai gantinya minum banyak air terutama cairan oralit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat.
  8. Thermometer gunakan termometer digital yang lebih prkatis dan mudah digunakan.
  9. Plester luka siapkan plester dalam berbagai bentuk dan ukuran, ada baiknya menyediakan juga yang polos atau bergambar karakter favorit anak.
  10. Tisu antiseptik digunakan untuk membersihkan luka secara cepat, tersedia juga dalam bentuk cair.
  11. Pinset untuk mengambil luka dengan serpihan/ pecahan seperti kaca, batu atau kayu dan jika ada makhluk kecil.
  12. Salep anti memar dan benjol gunakan untuk mengurangi pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan benjol atau memar.
  13. Kain kasa pilih yang gulungan dengan lebar 0.5 sampai 2 inci untuk membuat perban
  14. Adhesive Tape untuk merekatkan  perban
  15. Obat anti serangga sekarang tersedia obat anti serangga khusus anak dalam bentuk gel atau semprot.
  16. Kompres dingin untuk mengurangi benjolan atau luka bakar.
  17. Obat tetes hidung sediakan obat tetes hidung untuk membantu melegakan napas ketika hidungnya tersumbat, sediakan yang mengandung larutan garam yang aman untuk bayi dan balita.
  18. Obat cacing berikan 6 bln sekali sebagai pencegahan.
  19. Kapas (sediakan yang berbentuk bola  dan bentuk biasa) ada baiknya disimpan di wadah tertutup agar tetap steril.
  20. Alkohol untuk mensterilkan alat – alat (gunting, pinset)
  21. Lotion tabir surya yang aman untuk bayi.
  22. Aloe Gel untuk luka bakar.

Tambahkan obat – obatan yang direkomendasikan oleh dokter anak seperti :

  • Epinefrin Injektor
  • Asma Inhaler
  • Obat alergi khusus jika anak alergi terhadap sengatan lebah, kacang tanah atau kerang atau alergi lainnya yang bisa membahayakan jiwa anak.

Tambahakan juga alat alat seperti gunting,senter kecil,gelas steril, sendok, gunting kuku dan selimut.

Harus diingat bahwa obat-obatan tersebut diatas ada kadaluarsanya, jadi selalu cek tanggal kadaluarsanya.  Obat yang sudah terbuka hanya boleh digunakan 3 bulan setelah dibuka.