Cara Merawat Bayi Yang Memiliki Kulit Sensitif

Merawat bayi yang memiliki kulit sensitif merupakan sesuatu yang sering dikeluhkan oleh para ibu. Mereka sering merasa khawatir jika terjadi sesuatu terhadap buah hati kesayanganya, bahkan rasa khawatir tersebut kadang terlalu berlebihan. Hal tersebut mungkin dapat kita maklumi karena naluri seorang ibu memang akan selalu menyayangi anaknya.

Kulit bayi yang sensitif memang memerlukan perhatian khusus, terutama karena seorang bayi yang masih belum bisa merawat dan menjaga kesehatannya sendiri. Orang tua harus sering memperhatikan kondisi kulit bayi agar tidak terjadi iritasi. Bagian yang paling sering mengalami gangguan kulit atau iritasi pada bayi adalah pada leher, punggung, dahi maupun pada bagian tubuh lainya yang sering mengalami lembab. Merawat bayi yang memiliki kulit sensitif memang memerlukan perhatian ekstra. Bayi yang mengalami gangguan kulit akan merasa gatal dan tidak nyaman, sehingga sangat mungkin sekali bayi akan sering rewel. Jika hal tersebut dibiarkan maka gejala iritasi kulit pada bayi akan semakin parah.

Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi

Merawat bayi yang memiliki kulitsSensitif memang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal dapat menyebabkan kulit bayi yang sensitive mudah mengalami iritasi. Karena itu perhatian orang tua mutlak diperlukan agar bayi yang memiliki kulit sensitif tetap terjaga kesehatan kulitnya. Berikut beberapa hal yang sering menjadikan kulit bayi sering mengalami iritasi.

  1. Pakaian yang dikenakan pada bayi terlalu ketat sehingga sering kali menyakiti kulit yang dapat berakibat pada iritasi kulit.
  2. Pakaian yang dikenakan pada bayi terlalu tebal sehingga berakibat bayi mudah berkeringat dan merasa lembab.
  3. Banyaknya lipatan kulit pada bayi yang saling bersentuhan sehingga kulit menjadi susah bernafas.

Tips Merawat Bayi Yang Memiliki Kulit Sensitif Agar Tidak Mengalami Iritasi

Untuk merawat bayi yang memiliki kulit sensitif perlu dilakukan tindakan pencegahan agar bayi tidak mengalami iritasi. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan:

  1. Gunakan air yang hangat dan bersih saat memandikan bayi dan segera keringkan kulit bayi setelah bayi dimandikan.
  2. Pada masa-masa awal sebaiknya kita hindari menggunakan sabun bayi yang mengandung bau wewangian, karena ada sebagian bayi yang memiliki alergi kulit dengan bau wangi tertentu.
  3. Pastikan kulit bayi selalu kering dan tidak lembab, serta ganti popok bayi secara berkala agar kulit bagian paha bayi tetap selalu kering.

Semoga tips ini dapat bermanfaat dan membantu bagi para orang tua yang sedang merawat bayi yang memiliki kulit sensitif.