Apa Yang Perlu Diperhatikan Saat Bayi Di Bawah 24 Bulan Mulai Merangkak?

Apa yang perlu diperhatikan saat bayi di bawah 24 bulan mulai merangkak? Tentunya sebagai orang tua baik ayah maupun ibu harus memiliki pengetahuan tentang ini. betapa tidak? Bayi adalah makhluk mungil yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam keadaan bersih dan masih belum tahu tentang apa-apa. Sudah menjadi tugas orang tualah untuk mengajari anak tentang apa saja yang diketahuinya untuk diberikan kepada anak. Tidak hanya mengajari anak tentang berbagai pengetahuan tetapi orang tua juga harus menjaga anak selama 24 jam agar terhindar dari segala bahaya yang tidak diinginkan.

Apa yang perlu diperhatikan saat bayi di bawah usia 24 bulan mulai merangkak? Berikut adalah penjelasannya.

  1. Amatilah area di sekitar tempat bayi sedang merangkak
    Sebagai orang tua harus jeli untuk melihat segala hal yang berada di sekitar bayi yang sedang merangkak. Karena memang pada usia ini bayi akan memiliki rasa ingin tahu yang begitu besar. Terlebih rasa ingin tahu ini akan diekspresikan dengan cara memasukan setiap benda ke dalam mulutnya.
    Untuk itu, orang tua harus tahu apa saja benda yang berbahaya bagi anak. Benda-benda berbaya bisa berupa benda tajam maupun benda yang memiliki kandungan racun. Selain itu, benda yang memiliki muatan listrik juga harus dijauhkan benar-benar dari jangkauan anak.
  2.  Jaga kebersihan dari lantai
    Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah tentang kebersihan lantai yang biasa digunakan oleh anak ketika bermain. Hal yang satu ini memang terkadang tidak terlihat karena begitu kecilnya kuman dan bakteri yang menempel di lantai. Meskipun demikian, jika tidak mendapatkan perhatian yang serius dari orang tuanya maka bisa mengakibatkan bayi menjadi sakit. Lantai merupakan tempat yang nyaman bagi kuman dan bakteri untuk bersarang. Oleh karena itu, orang tua juga harus selalu berhati-hati untuk menjaga kebersihan lantai.
  3.  Beri perhatian
    Meskipun terkadang segala sesuatu sudah tampak sangat aman saja tetapi belumlah sepenuhnya aman. Jadi sebagai orang tua kita harus tetap memperhatikan anak ketika merangkak sendirian.

Demikianlah beberapa hal tentang apa yang perlu diperhatikan saat bayi di bawah 24 bulan mulai merangkak.