Amankah Melahirkan Normal Diusia 40 Tahun?

Tak dipungkiri kini, banyak ibu yang masih bisa melahirkan diatas usia 35 tahun, bahkan diatas 40 tahun. Alasannyapun bermacam-macam, mungkin karena masih ingin punya anak lagi, karena pernikahannya yang terlambat sehingga kehamilannyapun saat usia sudah mulai rawan, atau sebab keyakinan jika tak ada batasan usia seorang bisa melahirkan. Namun sebenarnya amankah melahirkan normal di usia 40?

Usia 35 tahun menurut ahli kesehatan adalah usia yang rawan bagi ibu untuk melahirkan. Namun sekarang karena sudah ada kecanggihan ilmu kedokteran khususnya ginekologi membuat angin segar bagi ibu yang putuskan melahirkan diusia rawan. Mereka bisa memilih cara melahirkan paling aman, seperti operasi Caesar, untuk kurangi segala resiko. Tapi sebenarnya wanita hamil diakhir usia 30-an dan diatas usia 40 tahun ternyata memiliki resiko enam kali lipat dalam kehamilan mereka juga saat akan melahirkan daripada mereka yang berusia 10 tahun lebih muda.

Seiring  bertambahnya umur bagi wanita, fungsi organ reproduksi seperti indung telur dan rahim makin kurang optimal seperti saat usia 20 tahunan, juga fungsi hormonalnya mulai berkurang, fisik untuk mengejanpun sudah dirasa tak sekuat dahulu, namun segi psikologis dan financial lebih mapan dari usia dibawah 40 tahun.

Komplikasi seperti preeclampsia (hipertensi saat kehamilan), hamil diluar rahim, keguguran, bayi terkena downsyndrome, keracunan kehamilan, pendarahan hebat, anemia, diabetes sampai kesulitan melahirkan sangat menghantui ibu-ibu yang akan melahirkan di usia 40-an.  Gangguan persalinan yang paling umum adalah Plasenta previa yakni plasenta menutupi jalan lahir. Kalau begitu masih amankah melahirkan normal di usia 40?

Meski dirasa kurang aman, para ibu sebaiknya berpikir ulang untuk melahirkan diatas usia 40 tahun karena berbagai resiko yang menghantuinya, namun apabila rajin memeriksakan kedokter spesialis dan dilakukan dua minggu sekali, pemeriksaan cairan ketuban (amniosentesis) boleh dilakukan pada usia kehamilan 15-20 minggu untuk pastikan kondisi janin. Pola makan perlu dijaga, asupan nutrisi yang seimbang, olahraga ringan seperti jalan-jalan dan istirahat yang cukup, dirasa cukup beri rasa aman untuk melahirkan secara normal di usia 40.

Beberapa persiapan bagi yang akan melahirkan di usia 40 tahun dimulai sejak sebelum kehamilan terjadi. Apalagi jika memang akan  hamil untuk pertama kalinya. Tentu para calon ibu menginginkan anak yang akan dilahirkan sehat begitupun juga dengan ibunya. Melahirkan normal di usia 40 tahun tetaplah sangat memungkinkan.

Bagaimana caranya adalah sebagai berikut:

  1. Rencanakan dan petakan apa yang harus di lakukan dan apa yang harus dihindari saat kehamilan.
  2. Lakukan pengawasan dokter selama kehamilan, dari sejak ibu dinyatakan hamil sang ibu harus sudah mulai berada dalam pengawasan dokter. Karena itu memeriksakan diri sangatlah penting.
  3. Persiapkan fisik dan mental, dimana kondisi hamil tentu berbeda ketika ibu sedang tidak dalam keadaan hamil. Sang ibu harus sudah mulai menyiapkan diri menghadapi berbagai keluhan dengan penuh sabar.
  4. Cek terus kesehatan dan pastikan untuk  selalu menjaga kesehatan dengan baik. Sebab kesehatan sangat berpengaruh pada kehamilan, kelahiran, dan bayi yang akan di lahirkan nantinya.
  5. Jangan terlalu over weight. Hindari berbagai jenis makanan yang membuat tubuh gemuk sehingga menimbulkan dampak lain dari tubuh.
  6. Kuatkan mental karena kehamilan akan menentukan masa depan ibu dan bayi, apalagi dengan usia yang memang rawan. Perbanyak berpikir positif dan bertindak positif untuk menguatkan diri bahwa semua akan baik-baik saja, sebab pikiran yang khawatir dan waswas akan memengaruhi kondisi fisik ibu.
  7. Jika termasuk wanita yang suka merokok, maka sebaiknya segeralah berhenti merokok sebab akan membahayakan bayi yang kelak dikandung. Selain itu, ibu juga harus mempersiapkan fisik untuk terus sehat dan kuat dengan melakukan pola hidup sehat.
  8. Pastikan ibu sehat sebelum hamil, namun tidak perlu terlalu khawatir jika ada sedikit kendala dengan tubuh. Lakukan pemeriksaan ke dokter dan sampaikan keinginan untuk segera hamil di usia saat ini. Hamil di usia 40 tahun sangat memungkinkan dan bisa melahirkan secara normal tanpa caesar jika dilakukan perawatan oleh dokter secara langsung.
  9. Untuk menjaga mental, ibu bisa berbaur dengan wanita lain yang sama-sama hamil dalam usia di atas 40 tahun. Mintalah pendapat dan pengalaman saat melahirkan. Kekuatan untuk menjaga mental agar  tetap positif sangat di butuhkan agar  merasa bahwa hamil dan melahirkan di usia 40 akan baik-baik saja.

Tidak perlu takut untuk melahirkan di usia 40 tahunan. Dengan cara hidup yang sehat, perawatan masa kehamilan hingga menjelang kehamilan yang baik, ibu tetap bisa melakukan kelahiran secara normal dengan bayi yang juga normal dan ibu tetap sehat.