5 Hal Tentang Tidur Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir memiliki ritme tidur yang unik. Berikut adalah 5 hal tentang tidur bayi baru lahir dan sangat penting untuk diperhatikan.

Tidur sepanjang hari dan begadang semalaman atau sebaliknya

Beberapa bayi baru lahir memiliki ritme tidur yang berlawanan dengan ritme tidur orang dewasa yaitu tidur sepanjang hari dan mengajak untuk begadang sepanjang malam. Namun ada juga bayi yang memiliki ritme tidur sama dengan ritme tidur orang dewasa, terjaga di siang hari dan tidur semalaman. Yang juga membedakan tidur pada tiap bayi baru lahir adalah ada yang dapat menenangkan dirinya sendiri ketika tiba-tiba terjaga dan dapat kembali tidur dengan sendirinya, ada pula yang menjadi rewel dan membutuhkan bantuan orang lain untuk kembali membuatnya tertidur.

Bayi baru lahir memiliki kepribadian tidur berbeda-beda

Beberapa bayi mengalami kesulitan mengawali tidur, namun ada juga yang terlelap dengan mudahnya.

Tidur bayi baru lahir sifatnya tidak menentu dan tidak terduga

Bayi baru lahir tidur selama 14 – 20 jam dalam sehari. Kebanyakan tidur bayi baru lahir tidak berlangsung lebih dari 2 – 4 jam dalam sekali tidurnya, baik itu siang ataupun malam. Fase tidur beberapa di antaranya malah lebih singkat lagi, sekitar 20 – 40 menit saja. Tidur singkat ini biasanya terjadi saat bayi merasa tidak nyaman dengan posisi tidurnya sedangkan dia belum bisa mengubah posisinya sendiri.

Bayi baru lahir tidak membutuhkan suasana tenang untuk tidur

Bayi baru lahir dapat tertidur pulas di tengah suasana ramai. Hal ini tidaklah mengejutkan mengingat selama di dalam kandungan bayi terbiasa mendengar suara detak jantung dan suara sistem pencernaan ibunya yang notabene cukup keras bagi pendengaran bayi.

Bayi baru lahir tidak membutuhkan barang tambahan sebagai teman tidur

Bantal tambahan, selimut-selimut tebal, bantalan pelindung samping box bayi sebenarnya tidak terlalu diperlukan sebagai teman tidur bayi. Barang-barang tambahan tersebut bahkan terkadang dapat pula membahayakan keselamatan bayi. Akan lebih baik bila bayi tidur dengan pakaian yang tepat dan nyaman dikenakan, di atas tempat tidur dengan sprei sesuai ukuran tempat tidur dan terpasang rapi. Dengan demikian risiko bayi tergulung dapat diminimalisir.