Tips Orang Tua Mengatasi kenakalan Remaja

Masa remaja adalah masa yang paling indah. Bunga-bunga cinta bersemi di usia peralihan antara usia kanak-kanak ke dewasa ini. Namun karena terjadi banyak perubahan pada diri remaja, termasuk sistem hormonal tubuh yang berhubungan dengan perilaku, maka tidak jarang remaja mengalami kelakuan-kelakuan yang kurang baik atau nakal. Diperlukan tips orang tua mengatasi kenakalan remaja.

Bagi orang tua yang selalu dapat mengawasi putra putri remajanya, tentu tidak mengalami banyak kesulitan pada saat memberikan arahan bagi mereka. Namun untuk ayah dan ibu yang waktunya lebih banyak terserap di luar rumah atau bahkan mungkin harus bekerja jauh dari rumah, maka pendidikan anak menjadi kurang intensif untuk dilakukan.

Remaja yang nakal pada umumnya memiliki perhatian yang kurang di dalam keluarganya. Akibatnya ingin mengambil perhatian orang di sekitarnya termasuk orang tuanya melalui perilaku nakal. Tidak sedikit orang tua yang menyadari bahw anaknya sedang meminta kasih sayang dengan cara mereka sendiri. Yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah membagi waktu serta cinta buat anak. Perhatian bukan dalam bentuk materi, melainkan komunikasi yang intensif, kehadiran itulah yang paling dibutuhkan.

Selain pengaruh internal keluarga, faktor dari luar juga sangat penting menjadikan anak nakal. Lingkungan sosial remaja akan memberikan dampak kuat terhadap terbentuknya sikap dan perilaku anak. Perlu diketahui bahwa masa remaja adalah penuh dengan pencarian jati diri. Di dalam proses mencari jati diri tersebut remaja menjadi tergantung kepada rekan sebaya. Jika kelompok sebayanya adalah anak-anak nakal, maka sangat mungkin remaja yang bergaul juga menjadi nakal. Untuk itu tips orang tua mengatasi kenakalan remaja salah satunya adalah dengan memfilter pergaulan anak. Bukan dalam arti melarang bergaul melainkan mengarahkan bagaimana cara bergaul dan tidak larut.

Orang tua juga bisa mengalihkan perhatian anak ke dalam kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat. Misalnya dengan memasukkan anak ke dalam kelompok seni, tentu saja berdasarkan minat dan bakat anak. Niscaya anak akan merasa senang dan keinginan melakukan aktualisasi diri dapat tercapai melalui wadah kegiatan tersebut. Demikian tips orang tua mengatasi kenakalan remaja. Semoga bermanfaat.