Tips Mengetahui Masa Subur Wanita

Pengertian masa subur wanita adalah masa di mana seorang wanita dalam keadaan sistem reproduksinya siap untuk melepaskan sel telur atau ovum yang telah diproduksi. Sel telur ini telah matang dan tinggal menunggu kedatangan dari sel sperma dari suami  untuk membuahinya. Bagi sebagian wanita maka akan membutuhkan tips mengetahui masa subur wanita.

Pengetahuan mengenai masa subur dibutuhkan oleh dua golongan wanita yang berbeda. Golongan yang pertama adalah wanita yang menginginkan untuk segera dapat hamil. Masa subur ini adalah masa yang paling memungkinkan untuk terjadinya kehamilan. Karena sel telur sudah diproduksi sedangkan produksi sel telur tersebut berkala dan tak setiap waktu. Sehingga masa subur ini menjadi masa yang begitu berharga.

Kehamilan terjadi ketika sel telur yang telah diproduksi dan matang dapat untuk dibuahi oleh sel sperma. Keadaan dari dua sel kelamin ini akan sangat mempengaruhi keberhasilan dari proses pembuahan tersebut.

Sel telur haruslah sel telur yang telah matang dan berada di dalam keadaan yang memang tepat untuk dibuahi. Jumlah sel telur ini dalam satu bulan hanya diproduksi dalam satu buah saja. Walaupun ada beberapa wanita yang mampu untuk memperoduksi dua sel telur dalam satu bulan dan kondisi ini adalah kondisi yang amat jarang untuk terjadi, sedangkan poduksi sperma dilakukan setiap hari. Sperma akan mencapai kematangan setiap tiga hari sekali. Dan produksi sel sperma ini jutaan buah dari seorang pria dalam satu kali produksi. Sperma yang berjumlah jutaan ini semuanya akan berusaha untuk memiliki kemampuan membuahi sel telur tersebut.

Sperma yang berjumlah jutaan ini seakan mengadakan sebuah perlombaan lari untuk dapat berhasil duluan daripada yang lainnya untuk dapat mendekati dan membuahi sel telur. Ketika satu sperma sudah dapat masuk ke dalam sel telur maka sperma lain yang jumlahnya jutaan sudah tak akan mampu lagi untuk memasuki sel telur ini. Sedangkan, dapat diibaratkan bahwa sel telurlah yang memilih sperma mana yang mampu dan dapat untuk membuahi sel telur ini. dan inilah yang dinamakan dengan pembuahan di mana merupakan awal dari kehamilan.

Jadi, masa subur bagi wanita adalah masa yang paling memungkinkan bagi dirinya untuk mengalami pembuahan. Walaupun sekali lagi, kualitas dari sperma juga akan memberikan pengaruh akan kemampuan sperma tersebut untuk dapat membuahi sel telur.

Sperma yang diproduksi dalam jumlah jutaan ini tidak selalu dalam keadaan kualitas yang sama. Kualitas sperma akan mempengaruhi daya gerak dari sperma itu sendiri untuk dapat menerobos ke dalam rahim seorang wanita dalam jangka waktu yang begitu singkat dan kemudian berhasil melakukan pembuahan.

Tak semua sperma memiliki kualitas yang bagus ini. keadaan kesehatan tubuh dan psikologis laki-laki akan turut untuk mempengaruhi produksi sperma darinya. Kondisi tubuh yang fit dan tak mengalami stres akan memberikan kemungkinan produksi sperma yang sangat berkualitas.

Sebaliknya, kondisi tubuh yang capek dan tak fit ditambah lagi adanya banyak pikiran yang ada akan menurunkan daya produksi sel sperma yang berkualitas. Dalam keadaan ini, sperma akan tetap diproduksi namun kualitas dari sperma itu sendiri bisa jadi menurun, misalnya sperma menjadi encer sehingga kemampuan ‘lari’ dari sperma itu sendiri menjadi menurun.

Sedangkan golongan kedua dari wanita yang membutuhkan tips mengetahui masa subur wanita adalah golongan wanita yang memiliki keinginan untuk menunda kehamilan. Karena memang di masa subur ini kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangatlah besar maka akan diminimalkan kemungkinan terjadinya pembuahan ini.

Usaha ini dilakukan dengan mencegah terjadinya pembuahan. Yaitu jangan sampai sperma dapat membuahi sel telur. Hal ini terutama bagi wanita yang memakai sistem KB kalender. Di masa ini dikecilkan kemungkinan untuk melakukan hubungan seksual agar tidak sampai terjadi pembuahan. Ataupun kalau memang harus melakukan hubungan seksual maka dicegah sperma untuk masuk ke dalam rahim wanita, misalnya dengan melakukan ejakulasi di luar rahim atau senggama terputus dan juga dengan menggunakan alat kontrasepsi berupa kondom.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh wanita untuk mengetahui masa subur dirinya, diantaranya adalah:

  1. Menggunakan media air seni. Cara ini hampir sama dengan penggunaan alat untuk mengetahui terjadi kehamilan atau tidak. Air seni diteteskan di alat ini kemudian akan diperlihatkan tanda kesuburan atau tidak dari wanita tersebut.
  2. Menggunakan air liur. Cara mengetahui masa subur dengan media ini adalah dengan menggunakan semcam alat tertentu untuk diolesi dengan air liur. Sehingga nantinya akan diketahui kesuburan dari si wanita.
  3. Perhitungan sistem kalender. Cara ini paling banyak dan lebih mudah untuk dilakukan beberapa kalangan wanita. Caranya adalah dengan menghitung hari dari jangka waktu haid terakhir dan haid selanjutnya. Diantara dua waktu inilah yang disebut dengan masa subur wanita.
  4. Pengukuran suhu tubuh. Ketika wanita berada di dalam masa subur maka suhu tubuhnya akan mengalami peningkatan suhu tubuh. Pengukuran dapat dilakukan dan kemudian akan diperoleh hasil bahwa suhu tubuh mengalami peningkatan maka pada saat itulah wanita berada di dalam masa subur.

Itulah beberapa tips mengetahui masa subur wanita. Semoga bermanfaat!..