Tips Memilih Musik untuk Bayi

Banyak orang yang meyakini bahwa musik mampu mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak mulai di dalam kandungan. Namun apakah benar hal tersebut sudah terbukti secara nyata ataukah masih hanya berdasarkan hipotesis semata? Lalu bagaimana tips memilih musik untuk bayi?

Kecerdasan atau itelegensi yang dimiliki oleh manusia adalah suatu hal yang kompleks dan rumit sekali. Hingga saat ini masih belum ditemukan sebuah penelitian yang mampu membuktikan secara langsung bahwa musik mampu merangsang perkembangan dari otak janin sehingga memiliki nilai IQ yang sangat tinggi. Kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak dipengaruhi oleh gen yang diberikan oleh orang tuanya. Secara persentase maka pengaruh dari gen orang tua terhadap kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak adalah 60-80% saja. Namun, seorang anak yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik maka akan cenderung menjadi seorang anak yang sangat tenang. Ketenangan tersebut akan membuatnya menjadi seorang anak yang mudah sekali tidur. Di saat tidur inilah otak akan berkembang dengan cukup baik. Jadi secara tidak langsung perkembangan sel saraf otak pada anak juga dipengaruhi oleh musik.

Musik merupakan alunan suara yang enak untuk didengarkan. Oleh karena itu, memilih musik tidak ada bedanya dengan memilih sebuah suara. Berikut adalah beberapa tips memilih musik untuk bayi :

  1. Pilih yang monoton, rendah, dan mendengung. Jenis suara yang seperti ini, bagi bayi adalah memiliki kesamaan dengan apa yang telah dinikmati bagi selama ia di dalam rahim. dan tentunya, hal ini akan membuat bayi merasa tenang dan rileks dari segala hal.
  2. Pilih musik yang disukai bayi. Ibu sebagai orang yang paling dekat dengan bayi haruslah dapat untuk mengamati apa yang disuka dan tak disuka oleh si bayi, termasuk dalam hal musik. Musik yang disuka bisa jadi berasal dari suara yang sederhana namun menarik perhatian si bayi.
  3. Jauhi yang tidak disukainya. Suara yang keras, bising dan menganggu bisa saja harus dihindarkan dari si bayi karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Tips memilih musik untuk bayi di atas dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan keadaan dari masing-masing bayi. Semoga bermanfaat.