Pilah Pilih Cemilan Anak

Cemilan atau makanan ringan atau ada juga yang menyebut sebagai makanan selingan sering di artikan sebagai makanan kemasan seperti keripik, wafer atau minuman soda sehingga cemilan mempunyai makna negatif di masyarakat umum. Cemilan sebenarnya adalah makanan selingan di antara waktu makan anak sebagai tambahan nutrisi yang tidak selalu bisa di penuhi oleh makanan utama. Pada beberapa anak yang sulit makan, cemilan merupakan cara yang baik untuk pemenuhan gizi mereka dengan memperhatikan isi dan waktu pemberian cemilan. Ada banyak pilihan cemilan sehat dan bermanfaat untuk anak sehingga menjadikan cemilan bukanlah sesuatu yang akan berdampak buruk untuk kesehatan anak itu sendiri.Pilah Pilih Cemilan Anak

Cermat dalam pemilihan cemilan merupakan hal yang penting untuk di perhatikan karena cemilan bersifat sebagai tambahan asupan nutrisi harian anak yang diberikan dalam porsi kecil. Anak cenderung akan mengambil makanan yang ada di meja makan atau kulkas sekalipun mereka sedang bermain untuk itu sediakan selalu makanan sebagai cemilan anak di rumah dan lakukan kontrol waktu pada anak, usahakan anak berhenti mengemil minimal 1 jam sebelum jadwal makan besar sehingga nafsu makan anak tidak terganggu.

Jangan selalu memberikan pilihan kepada anak untuk menentukan jenis cemilan yang mereka inginkan karena anak akan cenderung memilih makanan yang terlalu manis atau asin, lakukan variasi dan berikan dengan tampilan yang menarik agar anak tidak bosan untuk ngemil makanan yang sudah anda sajikan.

Beberapa pilihan cemilan untuk anak:

  1. Biskuit dan roti. Makanan ini dapat memberikan energi kepada anak untuk waktu yang cukup lama
  2. Sayur dan buah-buahan. Saat makan besar anak mungkin sulit untuk makan sayur, hal ini dapat di ganti dengan memberikan cemilan sayur seperti wortel atau brokoli yang sudah di rebus dan di campur saus keju,selai atau mayonnaise. Pemberian buah-buahan bisa dengan memberikan buah potongan ataupun jus segar
  3. Biji-bijian seperti kacang hijaun dan kacang kedele karena kandungan proteinnya tinggi
  4. Produk yang mengandung susu seperti keju dan yogurt yang memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang anak

Pastikan jenis makanan yang anda berikan memiliki asupan nutrisi dan energi yang di butuhkan anak selain memuaskan rasa lapar mereka. Ganti cemilan setiap hari agar anak mengenal lebih banyak jenis makanan dan menghindari rasa bosan, usahakan untuk membuat cemilan sendiri karena bagaimanapun akan lebih higienis dan aman untuk anak.