Pentingnya Lingkungan Keluarga Dalam Membentuk Kepribadian Anak

Pentingnya lingkungan keluarga dalam membentuk kepribadian anak (usia 5-12 Tahun) menjadi hal yang harus diperhatikan secara teliti. Peran penting lingkungan keluarga dimulai sejak lingkungan anak sebelum lahir hingga setelah lahir. Dalam lingkungan keluarga, peran orang tua menempati posisi penting dalam mempengaruhi pembentukan kepribadian anak utamanya usia 5-12 Tahun.

 

Peran Lingkungan Keluarga Dalam Membentuk Kepribadian Anak

Lingkungan keluarga merupakan bagian paling mendasar dari sebuah lingkungan. Dalam lingkungan keluarga, sarana pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak dimulai di dalamnya. Kepribadian anak nantinya baik ataukah tidak semua bergantung pada hasil penyiapan diri anak pada usia 5-12 Tahun di dalam lingkungan keluarganya.
Kepribadian anak mencakup bagaimana cara berpikirnya dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Orang tua sebagai bagian inti dari lingkungan keluarga harus senantiasa memahami pentingnya lingkungan keluarga dalam membentuk kepribadian anak (usia 5-12 Tahun). Karenanya orang tua harus memberikan teladan kepada anak dalam cara berpikir maupun bertingkah laku ketika menghadapi masalah.
Usia anak di bawah 7 tahun belum banyak memahami apa sebenarnya masalah yang mereka hadapi, tapi usia di atas 7 tahun sudah mulai memposisikan diri menghadapi masalah hidupnya. Hal inilah yang menjadikan orang tua mengkondisikan lingkungan keluarga menunjang pembentukan kepribadian anaknya.

 

5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Anak

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua dalam memahami pentingnya lingkungan keluarga dalam membentuk kepribadian anak (usia 5-12 Tahun) diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Orang tua seharusnya menunjukkan dengan perkataan maupun sikap jika keduanya menyayangi anak-anaknya. Dalam hal ini harus disampaikan kepada semua usia anak.
  2. Ketenangan lingkungan keluarga, dalam hal ini lingkungan rumah. Ketika ketenangan tersebut terwujud, maka ketenangan pada jiwa dan pikiran anak juga terbentuk sebagai salah satu bagian dari kepribadian anak.
  3. Antara anak dengan orang tua harus saling menghormati dan menghargai. Hal tersebut harus dilatih dan dibiasakan sejak anak masih kecil utamanya pada usia 5-12 Tahun.
  4. Orang tua juga harus memberikan kepercayaan kepada anak dalam mengembangkan potensinya sebagai dasar terbentuk maupun berkembangnya kepribadian anak pada usianya.
  5. Adanya pendidikan agama di dalam keluarga menjadi hal paling utama dan mendasar dalam kehidupan anak ketika masa pertumbuhan dan perkembangannya yaitu usia 5-12 Tahun.

Demikianlah bahasan mengenai info tentang peran lingkungan keluarga dalam proses pembentukan kepribadian anak pada usia 5-12 Tahun.
Semoga Anda termasuk orang tua yang mampu memberikan teladan terbaik untuk anak-anak Anda.