Menangani Pemberian Bedak Bayi Yang Baik

Para Ibu sering bertanya-tanya cara pemberian bedak bayi yang baik, karena terkadang para Ibu sering memberikan bedak ke seluruh tubuh bayi bahkan sampai ke kemaluan si bayi. Perlakuan ibu tersebut dilakukan agar tubuh bayi wangi dan bersih. Namun cara pemberian bedak bayi tidak bisa dianggap sepele untuk masa depan si bayi kelak. Konon pemberian bedak bayi hingga ke kemaluan biasa mengakibatkan kanker servix dan ovarium nantinya.

Penggunaan bedak bayi bisa dikatakan cukup penting agar bayi terhindar dari rasa tidak nyaman seperti gatal akibat keringat. Ternyata aman atau tidak sebuah bedak tergantung dari bahan dasar bedak bayi yang dipergunakan tersebut. Bedak bayi umumnya berbahan dasar talc, dimana bahan dasar inilah yang belakangan menimbulkan kekuatiran mengenai keamanannya jika digunakan keseluruh tubuh bayi hingga kemaluannya. Talc merupakan bahan tambang mineral dimana dengan melalui proses tertentu dijadikan bahan dasar bedak. Proses tersebut juga dilakukan untuk menghilangkan unsur kimiawi serta bahan-bahan mineral lain yang tidak di butuhkan, akan tetapi sayangnya tidak semua unsur kimia dapat dihilangkan. Talc sebagai bahan dasar bedak dicurigai tetap membawa bahan kimia berbahaya yaitu asbes yang rentan menjadi sumber penyakit bagi yang menghirupnya, dalam hal ini adalah bayi. Namun, dengan sifatnya yang higroskopis (menyerap air), talc tetap dipergunakan sebagai salah satu bahan dasar bedak bayi.

Tips Pemberian Bedak Bayi Yang Baik

Bahan kimia yang terkandung pada bahan talc bisa berpotensi menyebabkan kanker servix dan ovarium bila sampai terkena kemaluan atau jika digunakan di seputar kemaluan, maka diperlukan solusi untuk mengatasinya, sbb:

  1. Memilih bedak bayi dari bahan dasar cornstarch atau berbahan dasar lain selain talc.
  2. Memperhatikan ingredients yang tertera pada kemasan saat membeli bedak bayi.
  3. Penggunaan bedak tidak boleh langsung mengenai kemaluan bayi dan tidak digunakan pada area wajah karena dikuatirkan butiran halusnya dapat terhirup oleh bayi dan menimbulkan penyakit yang lebih serius nantinya seperti kanker paru-paru.

Oleh karena itu dalam pemilihan bedak bayi diharapkan para ibu selalu mencermati benar-benar bahan dasar pembentuk bedak. Memberi rasa nyaman dan memperharum si bayi jangan sesaat saja, namun kita harus memperhatikan jangka panjang bagi si bayi kelak.

Semoga artikel ini bermanfaat.