Merawat Bayi Di Bawah Umur 2 Tahun Yang Lahir Prematur

Bayi prematur adalah bayi yang lahir di bawah usia kehamilan 37 minggu. Bayi yang lahir prematur lebih tinggi resikonya mengalami kematian dan infeksi, terutama pada bulan-bulan awal kehidupan mereka. Paru-paru yang belum berkembang sempurna menjadi penyebab utama terjadinya kematian mendadak dan kerusakan jaringan otak pada bayi prematur. Untuk itu, setiap orangtua perlu memahami bagaimana cara merawat bayi yang terlahir prematur.

Merawat bayi di bawah dua tahun yang lahir prematur membutuhkan kehati-hatian dan kesabaran. Tubuh mereka, terutama organ pernafasan dan pencernaan, belum berkembang penuh seperti halnya bayi yang lahir normal. Untuk itu, bayi prematur perlu ditempatkan dalam ruang perawatan khusus. Rumah sakit besar umumnya memiliki unit perawatan bayi prematur, yang terdiri dari inkubator dan perangkat untuk memonitor detak jantung, suhu tubuh, tekanan darah, dan kondisi bayi secara umum. Perawat dan dokter ahli tersedia untuk memastikan bayi mendapat penanganan tepat. Dokter dan perawat akan menjelaskan pada orangtua tentang cara merawat bayi prematur.

Sang ibu akan diperkenalkan dengan teknik menggendong bayi yang tepat, dengan menempelkan bayi langsung pada ibu di antara belahan dada, dan telinga bayi ditempelkan ke dada ibu. Teknik ini dikenal dengan istilah Kangaroo Care. Teknik ini dimaksudkan untuk membantu bayi prematur lebih dekat dengan sang ibu, menghangatkan suhu tubuh bayi dengan bantuan transfer panas dari tubuh ibu, dan memudahkan ibu memproduksi ASI. Bayi prematur belum dapat menyusu langsung karena organ pencernaan dan tubuhnya masih lemah. ASI bisa diberikan melalui bantuan selang. Begitu bayi sudah kuat, dia dapat minum ASI langsung dari ibunya.

Merawat bayi di bawah dua tahun yang lahir prematur di rumah memerlukan kehati-hatian sekalipun kondisi mereka sudah dapat dikatakan normal. Ikuti kelas pelatihan CPR (teknik memberi nafas buatan), hindari rokok dan polusi dalam rumah, hindari membawa bayi dalam keramaian, dan batasi kunjungan tamu untuk menjaga suasana rumah tetap tenang bagi sang bayi.