Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi pada Remaja

Kesehatan reproduksi mulai berfungsi secara optimal di usia remaja. Pada usia peralihan dari masa kanak-kanak ke masa remaja ini banyak terjadi perubahan baik fisik maupun psikis karena aktifnya fungsi organ dan hormon reproduksi. Pada wanita masa pubertas ditandai dengan menarche atau menstruasi yang pertama dan pada anak laki-laki ditanai dengan adanya mimpi basah. Untuk menjaga kesehatan organ reproduksi pada remaja harus dilakukan secara intensif dan orang tua perlu memberi tahu mengenai cara menjaga kesehatan organ reproduksi tersebut.

Secara prinsip, pada usia remaja yang sedang mengalami awal perubahan siklus reproduksi mungkin akan mengalami kebingungan dan kekurangtahuan mengenai bagaimana menjaga kesehatan organ reproduksinya. Orang tua tidak boleh menyembunyikan mengenai ilmu pengetahuan mengenai sistem reproduksi ini. Seperti misal bagaimanakah anak wanita harus mengenakan pembalut setiap menstruasi, bagaimana cara membersihkan organ intim serta merawat supaya terhindar dari penyakit. Hal ini harus diketahui, mengingat organ reproduksi dilalui oleh banyak pembuluh darah dan kelenjar yang menghasilkan lender, sehingga jika tidak terjaga kebersihannya mudah mengalami infeksi. Bahkan di usia remaja harus sudah mengetahui mengenai aktivitas seksual dan bagaimana menjaga supaya tidak sampai terjadi adanya kehamilan yang tidak dikehendaki. Meskipun tidak sedikit orang tua yang menganggap bahwa membicarakan perihal reproduksi adalah hal tabu, namun memberi tahu bagaimana cara menjaga kesehatan organ reproduksi pada remaja wajib dilakukan.

Pada anak laki-laki, juga perlu menjaga kesehatan alat kelamin dan organ reproduksi secara keseluruhan. Meskipun lubang atau saluran reproduksi pada pria tidak seperti pada wanita yang secara langsung berhubungan dengan udara luar sehingga rentan mengalami infeksi, namun pada organ kelamin laki-laki pun jika tidak dijaga dengan baik juga akan mudah terkena infeksi. Melakukan aktivitas seksual secara dini sebaiknya dihindari karena selain rentan terjadi kehamilan tidak dikehendaki juga rentan dengan adanya penularan penyakit menular seksual. Usia remaja merupakan usia produktif tumbuh kembang individu, sehingga menjaga kesehatan organ reproduksi pada remaja merupakan hal yang sangat vital.