Menghindarkan Anak Usia 13 – 18 Tahun dari Jeratan Narkoba

Pergaulan anak remaja jaman sekarang sudah begitu mengkhawatirkan. Dengan majunya teknologi dan perkembangan gaya hidup yang berubah drastic membuat orangtua sulit untuk menjaga anaknya selama 24 jam penuh. Bagaimana cara menghindarkan anak usia 13-18 tahun dari jeratan narkoba? Apa yang harus dilakukan oleh para orangtua untuk menyelamatkan anaknya dari lingkungan pergaulan yang tidak sehat dan membahayakan. Narkoba memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan anak remaja. Remaja yang bereksperimen dengan narkoba akan membawa mereka pada konsekuensi dari penggunaan obat-obatan terlarang itu dan bagaimana pentingnya membuat pilihan sehat dalam hidup. Banyak factor bisa menyebabkan mereka terjun ke lingkungan tidak sehat tersebut. Mulai dari rasa ketidaknyamanan dalam diri sama pada masalah penerimaan social di lingkungan mereka.

Menghindarkan Anak Usia 13 - 18 Tahun dari Jeratan NarkobaRemaja cenderung memiliki jiwa yang rapuh dan labil sehingga mereka jarang mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan yang mereka lakukan. Apakah mengarah pada hal yang membahayakan atau tidak, misalnya menggunakan obat terlarang atau narkoba. Untuk menghindarkan anak usia 13-18 tahun dari jeratan narkoba, yang harus dilakukan oleh orangtua adalah berbicara dari hati ke hati dengan sang anak. Tanyakan apa pendapat mereka mengenai obat-obatan berbahaya ini. jangan bicara seakan menggurui, anggap saja anak sebagai seorang teman yang bisa diajak berbagi cerita. Perhaikan apa respon yang diberikan oleh anak mengenai topik yang sedang dibicarakan. Buatlah pernyataan daripada pertanyaan untuk anak Anda.

Bicarakan juga mengenai pengaruh media seperti program di televise, film, website atau lagu yang memuat pesan mengenai narkoba. Ajak bicara apa saja yang sudah dia dengar atau lihat selama ini. Lakukan diskusi ini seakan Anda berdua sedang brainstorming mengenai hal penting. Siapkan diri untuk berdiskusi mengenai dampak negatif penggunaan narkoba atau obat terlarang bagi kesehatan dan kehidupan si anak itu sendiri. Jangan takut bahwa membicarakan topik narkoba ini akan menanam satu gagasan di otak sang anak. Karena pembicaraan yang santai mengenai topik narkoba ini tidak akan membuat anak mencoba obat-obatan tersebut. Pastikan anak bisa menangkap pesan Anda bahwa Anda adalah orangtua yang sangat memperhatikan anak dan menyayangi mereka seumur hidup. Dengan berbicara seperti ini setidaknya anda bisa menghindarkan anak usia 13-18 tahun dari jeratan narkoba yang mengerikan. Mari berjuang!