Melatih Percaya Diri Si Kecil Sejak Bayi

Anak merupakan cerminan dari orang tuanya. Jika kita ingin melihat bagaimana orang tuanya maka bisa dilihat dari anaknya. Sebagian orang tua sering merasa acuh terhadap masalah yang dihadapi oleh anaknya termasuk masalah percaya diri yang masih kurang. Sebenarnya kita sebagai orang tua bisa melatih percaya diri sejak dini, bahkan saat masih bayi.

Kebiasaan yang bisa dinilai buruk bagi perkembangan buah hati dalam masalah kepercayaan diri adalah adanya sikap pembiaran dari orang tua terhadap masalah tersebut. Menjadi orang tua memang tidak mudah atau gampang. Kita perlu sebuah kerja keras jika memang menginginkan yang terbaik bagi perkembangannya.

Kita tahu bahwa kurangnya percaya diri dapat menghambat perkembangan si kecil. Ketika dia seharusnya bermain dengan temannya maka yang dilakukannya hanyalah bersembunyi di balik tubuh ibunya ataupun hanya diam duduk saja dan tidak melakukan apa-apa. Si kecil baru berani melakukan kegiatan atau terlihat antusias dalam bermain manakala berada di rumah. 

Tentu sebagai orang tua kita tidak ingin melihatnya tumbuh menjadi “jago di kandang saja”. Membiarkannya untuk mampu bermain dan menjelajahi berbagai hal demi memuaskan rasa ingin tahunya akan mampu membuatnya menjadi seorang yang kreatif dan cerdas. Oleh karena itu, orang tua harus melatih kepercayaan diri sejak dini pada anak. Hal tersebut bisa dilakukan dengan beberapa kebiasaan berikut :

  1. Memuji : Jangan pernah anggap remeh sebuah pujian kepada anak. Berilah anak selalu pujian agar ia menjadi semakin percaya diri. Terlalu banyak mencela anak malah akan menjadikan dirinya menjadi pribadi yang tidak percaya diri karena merasa terlalu banyaknya keburukan yang ada di dalam dirinya.
  2. Menerima
    Sebagai orang tua kita jarang sekali menerima kondisi anak kita apa adanya. Berusalhalah untuk mengetahui kondisi anak apa adanya dan jangan terlalu keras mendorongnya untuk bisa seperti anak lain yang lebih baik. Terlalu keras dalam mendorong akan mengakibatkan anak berada dalam tekanan yang tinggi dan hal ini jelas tidak baik baginya.
  3. Memahami
    Pahamilah kondisi anak dengan menjadi seperti anak tersebut. Karena kita pernah kecil seperti mereka maka kita tentunya bisa bersikap seperti mereka.
  4. Berlaku yang baik (positif)
    Segala sesuatu yang positi mampu memberikan hasil yang positif pula. Jika kita selalu merawat anak dengan perilaku yang baik maka anak akan mencontoh yang baik pula sehingga tumbuh kembang anak akan menjadi baik pula.

Melatih percaya diri anak sejak dini tidaklah sulit jika orang tua mau sedikit berkorban dan bekerja sama dengan anak untuk tumbuh kembang anak yang menjadi semakin baik.