Melatih Motorik Halus

Motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus yang sangat dipengaruhi oleh kesempatan belajar dan berlatih, seperti memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menggunting, menulis dan sebagainya. Melatih motorik halus batita sudah dapat dilakukan dengan memberikan stimulasi sejak batita masih bayi.

Saat bayi berusia 1 bulan, bayi biasanya masih memiliki refleks menggenggam yang akan melemah seiring dengan bertambahnya usia. Anda bisa menstimulasi bayi dengan menyentuhkan telunjuk Anda pada telapak tangannya, biarkan ia menggenggam telunjuk Anda. Latihan ini akan menguatkan jari jemarinya. Di usia 1-6 bulan, kedua tangan bayi akan semakin lentur, dan di bulan ketiga jemarinya lebih sering berada dalam keadaan terbuka. Bayi akan menggunakan jemarinya untuk bereksplorasi. Anda bisa menstimulasinya dengan menggunakan mainan yang bisa digenggam atau memiliki beragam tekstur. Mainan dengan bunyi yang menarik juga dapat memancingnya untuk bereaksi. Saat bayi berusia antara 6-12 bulan, gerakan jemari bayi akan lebih halus. Bayi mulai bisa memegang dan memindahkan benda. Mereka mulai gemar menumpuk dan memindahkan benda seperti bantal, balok dan lainnya. Berikan mereka stimulasi dengan permainan seperti menyusun dan memindahkan balok, atau menekan-nekan tombol telepon mainan. Mereka juga bisa distimulasi untuk menjepit benda tipis seperti halaman buku bayi.

Fasa berikutnya dalam melatih motorik halus anak adalah saat berusia antara 12-18 bulan. Pada fasa tersebut, batita biasanya sudah mulai belajar mencorat-coret. Seiring dengan bertambahnya usia, pada usia antara 18-24 bulan coretannya pun mulai bisa diarahkan. Berikan stimulasi dengan mengajarkan batita menggambar bentuk seperti segitiga dan lingkaran, untuk melatih koordinasi antara otak dan tangannya.

Saat batita berusia antara 2-3 tahun, Anda bisa menstimulasi motorik halusnya dengan melatih batita melakukan kegiatan sehari-hari. Ajarkan batita untuk mengenakan baju sendiri, mengancingkan baju, mengikat sepatu, serta melepas baju sendiri. Motorik halus batita juga bisa berkembang saat ia latihan makan sendiri, dengan berlatih menggunakan sendok dan garpu. Melipat kertas dan menggunting juga merupakan latihan ketrampilan yang bisa digunakan sebagai cara melatih motorik halus.