Jenis Makanan Untuk Melengkapi Nutrisi Persiapan Kehamilan

Ketika anda menginginkan kehamilan tentunya ada beberapa proses atau tahapan yang harus anda lakukan termasuk nutrisi persiapan kehamilan yang akan dikonsumsi selama proses itu berlangsung. Untuk hal tersebut perhatikan beberapa jenis makanan, minuman, buah-buahan serta snack yang baik untuk dikonsumsi, seperti berikut ini  :

  • Karbohidrat

Konsumsilah karbonhidrat yang cukup untuk memenuhi asupan kalori dalam tubuh anda seperti nasi, sereal, roti, dan makanan yang terbuat dari gandum.

  • Protein

Kecukupan dalam mengkonsumsi protein juga sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang bisa diperoleh dari telur, kacang-kacangan, ikan dan daging segar.

  • Kalsium

Dengan meminum susu dan mengkonsumsi snack yang mengandung kalsium tinggi bisa membantu memperkuat tulang dan gigi anda.

  • Vitamin dan Mineral

Dalam nutrisi persiapan kehamilan, anda juga membutuhkan vitamin dan mineral yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran, untuk buah-buahan seperti apel, belimbing bisa anda konsumsi tanpa harus mengupas kulitnya.Karena dalam kulit tersebut terdapat kandungan vitamin yang lebih banyak. Sayur-sayuran pun baiknya dikonsumsi sebagai lalap, ataupun jika harus dimasak jangan terlalu lama dalam proses pemasakannya. Karena hal tersebut bisa menghilangkan kandungan vitamin yang berada didalam sayuran tersebut.

 Selain asupan tersebut diatas anda bisa menambahkan snack seperti es cream, atau cemilan yang masih mampu memenuhi kebutuhan asupan seperti tersebut diatas. Pemilihan snack tersebut bisa membantu anda untuk tetap mendapatkan apa yang diperlukan oleh tubuh untuk nutrisi persiapan kehamilan yang anda inginkan. Selain dari makanan nutrisi juga bisa diperoleh dari suplemen atau vitamin tambahan yang diperlukan menurut anjuran dokter, hal tersebut biasanya dilakukan untuk tindak lanjut terhadap hal-hal yang terjadi pada kondisi kesehatan fisik dan rahim calon ibu hamil.

Dalam hal ini anda bisa memilih untuk mengkonsumsi nutrisi persiapan kehamilan dengan menggunakan bahan-bahan alami (herbal) atau dengan memilih menggunakan obat jadi yang lebih praktis dalam penggunaanya serta instan dalam hasil yang akan didapatkan. Apapun asupan nutrisi yang anda pilih, sebaiknya tetap bisa mencukupi kebutuhan akan persiapan yang sedang anda lakukan dalam menyambut kehamilan dalam rangka mendapatkan sang buah hati.

Tidak hanya calon ibu hamil saja yang wajib mengkonsumsi makanan penuh nutrisi dalam persiapan kehamilan. Pasangan anda pun atau calon ayah baiknya mengkonsumsi makanan yang mempunyai nutrisi lebih, ini tentunya akan berpengaruh terhadap maksimalnya produksi sperma dan sel telur yang sehat sehingga bisa melakukan pembuahan dengan baik dan mudah. Setiap individu tentunya mempunyai kebutuhan yang berbeda dalam memenuhi nutrisi yang harus dicukupi, dan ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Anda bisa saja mengkonsumsi nutri yang melebihi dosis atau takaran dari menu sehat yang seharusnya dikonsumsi, jika hal tersebut terjadi dikhawatirkan akan menimbulkan masalah kesehatan seperti dengan mengkonsumsi terlalu banyak karbonhidrat bisa menyebabkan kegemukan dan sebagainya.

Untuk mempermudah hal tersebut ada baiknya jika anda mengonsultasikannya pada dokter ahli gizi dan nutrisi, untuk mengetahui takaran yang pas dan sesuai dengan tubuh anda. Dokter ahli nutrisi biasanya akan melakukan observasi terlebih dahulu untuk mengetahui zat-zat yang terkandung dalam tubuh, sehingga bisa mengetahui jumlah kandungan lemak, ataupun lainnya yang bisa disesuaikan dan seimbangkan dengan asupan nutrisi yang akan dikonsumsi. Seperti halnya apa saja yang harus dikurangi dan tambahkan dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk calon ibu hamil.

Jika untuk nutrisi persiapan kehamilan yang anda perlakukan sudah sesuai dengan takaran yang telah dianjurkan oleh ahli gizi dan dalam jumlah yang lebih dari cukup. Anda tinggal menyeimbangkannya dengan persiapan mental dan juga fisik, dengan cara berolah raga dan menerapkan gaya hidup sehat dengan menghindari dan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang biasa disediakan oleh restoran siap saji atau disebut dengan junkfood. Dengan menghindari makanan siap saji dan instan diharapkan anda bisa terhindar dari bahan kimia atau pengawet yang tekandung didalamnya, yang menyebabkan terganggunya produksi hormon pada kandungan anda karena terlalu banyaknya pengaruh bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh.