Jenis-Jenis BAB Pada Bayi dan Penanganannya

Jenis BAB bayi ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya makanan/ susu yang ia konsumsi. Ibu tidak perlu panik bila melihat jenis BAB bayi yang mungkin agak aneh.

Jenis-Jenis BAB Pada Bayi dan Penanganannya

  • Bayi baru lahir akan mengeluarkan BAB berwarna hijau kehitaman dan agak lengket. Setelah beberapa hari ia mendapatkan susu, warna BAB-nya akan berubah, tergantung jenis susu yang diminum.
  • Bayi diberi ASI, BAB-nya akan berwarna lebih terang dan kuning, teksturnya lembek, dan agak bau.
  • Bayi diberi susu formula, BAB-nya akan lebih besar dengan tekstur seperti pasta gigi. Warnanya akan kuning kecokelatan dan lebih bau dibandingkan BAB bayi yang diberi ASI. Jenis BAB tadi dapat berubah bila ada perubahan jenis makanan atau ada gangguan pada bayi.
  • Bayi yang mulai mendapatkan makanan padat, BAB-nya akan menjadi lebih gelap, besar, dan juga lebih bau.
  • BAB bayi menjadi basah, nampak seperti menyembur, terdapat darah, dan dalam jumlah yang banyak dan frekuensinya sering, berarti bayi mengalami diare. Hal ini biasanya terjadi pada bayi yang minum susu formula. Untuk mengatasinya, ibu harus selalu menjaga kebersihan peralatan minum susu.
  • BAB bayi berwarna hijau, ini menandakan bayi mengonsumsi terlalu banyak laktosa namun tidak mendapat cukup hindmilk saat selesai minum ASI. Bisa juga terjadi karena bayi tidak cocok pada merek susu tertentu, atau sensitif pada makanan atau obat tertentu. Untuk menanganinya, jangan pindahkan bayi pada payudara ibu yang lain, sebelum bayi selesai minum ASI dari satu payudara. Bisa juga ibu mengganti merek susu formulanya.
  • BAB bayi berwarna pucat, bisa merupakan indikasi adanya gangguan hati atau bisa karena bayi meminum terlalu banyak susu. Hal ini harus dikonsultasikan dengan dokter.

Mengetahui jenis-jenis BAB pada bayi dan penanganannya dapat menjadi pertolongan pertama pada bayi. Selanjutnya, konsultasikan pada dokter bila keadaan tidak membaik.

Semoga bermanfaat.