Hubungan Antara Perkembangan Emosi Anak Terhadap Perkembangan Kecerdasan Interpersonal

Hubungan Antara Perkembangan Emosi Anak Terhadap Perkembangan Kecerdasan Interpersonal sangat perlu diperhatikan.  Perkembangan emosi seorang anak sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal. Dalam perkembangannya kedua faktor ini dapat dikatakan memiliki dampak baik langsung maupun tidak langsung, namun yang perlu untuk diperhatikan adalah bahwa keduanya berperan secara bersamaan tidak hanya terhadap emosi namun juga perkembangan kecerdasan. Hubungan antara perkembangan emosi anak dan perkembangan kecerdasan adalah sama-sama dipengaruhi faktor-faktor penting baik internal seperti kesehatan dan genetik atau pembawaan sejak lahir, dan faktor eksternal seperti kondisi lingkungan sosial dimana individu seorang anak tumbuh.

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Hubungan Antara Perkembangan Emosi Anak Terhadap Perkembangan Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan emosional memiliki hubungan yang erat dengan kecerdasan interpersonal dan hal ini dapat secara positif dikembangkan pada seseorang sejak usia dini yaitu masa kanak-kanak. Perkembangan emosi anak dapat meningkat sejalan dengan berkembangnya kecerdasan interpersonal dimana dalam perkembangannya, seorang anak dapat memahami dan mengendalikan keadaan emosi secara internal pada dirinya sekaligus kondisi emosi individu lainnya yang berkorelasi dengan dirinya. Kecerdasan interpersonal atau dikenal juga sebagai kecerdasan sosial dalam perkembangannya dapat memicu (trigger) pertumbuhan emosi anak antara lain melalui pemahaman terhadap kondisi lingkungan sosial yang didominasi dengan kemampuan dalam hal berhubungan dengan individu lain di sekitarnya. Lebih lanjut, secara psikologi, kecerdasan interpersonal dapat mempengaruhi perkembangan emosi seorang anak melalui keterlibatannya dalam lingkungan sosial disekitarnya meliputi: kepekaan terhadap perasaan orang lain antara lain melalui ekspresi wajah, bahasa tubuh serta performa dan temperamen orang di sekitarnya.

Berdasarkan beberapa studi yang telah dilakukan, perkembangan emosi seseorang secara positif akan meningkat sejalan dengan kecerdasan interpersonal melalui tingkat kepekaan dan kemampuan berinteraksi dengan individu lain dalam suatu komunitas masyarakat. Dengan demikian hubungan antara perkembangan emosi anak terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal dapat diukur berdasarkan beberapa kriteria antara lain seperti daya tanggap atau respon terhadap orang lain, kemampuan menilai pribadi orang lain, penguasaan diri yang dapat ditindaklanjuti dengan introspeksi diri dalam upaya untuk menanggapi atau bereaksi atas lingkungan sosial disekitarnya.

Hubungan Antara Perkembangan Emosi Anak Terhadap Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Sebagai Dasar Pengembangan Kepribadian Anak

Hubungan timbal balik antara tingkat emosi dan kecerdasan interpersonal dapat dijadikan sebagai dasar dalam membentuk suatu kepribadian yang positif terhadap tumbuh kembang seorang anak. Pendekatan persuasif secara menyeluruh selain dengan memantau perkembangan kecerdasan emosional (EQ) dapat dijadikan sebagai metode untuk pengembangan kepribadian anak.

Nilai-nilai tingkat emosi yang mencakup pengendalian diri (emosi), kemandirian, tingkat adaptasi terhadap lingkungan, ketekunan, dan keseriusan serta sikap respect dan menghormati individu lain merupakan faktor-faktor penting yang dapat dijadikan sebagai pemicu (trigger) untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan Hubungan Antara Perkembangan Emosi Anak Terhadap Perkembangan Kecerdasan Interpersonal. Adapun indikator keberhasilan dari hubungan emosi dengan perkembangan kecerdasan interpersonal pada seorang anak dapat terlihat dari kemampuannya dalam membangun hubungan positif secara mutualisme dengan orang lain dan sekaligus mampu bersosialisasi dalam suatu komunitas.

Dengan melihat hubungan perkembangan emosi anak terhadap kecerdasan atau sebaliknya maka kepribadian anak sesungguhnya dapat dikendalikan sejak dini melalui pendekatan baik secara verbal maupun non verbal. Pengembangan kepribadian secara utuh pada seorang anak mencakup emosi dan kecerdasan interpersonal pada akhirnya sangat ditentukan oleh kondisi lingkungan sosial sebagai faktor eksternal yang diawali dari lingkungan terdekat seperti keluarga, dan hubungan dengan lingkungan pertemanannya dan Hubungan Antara Perkembangan Emosi Anak Terhadap Perkembangan Kecerdasan Interpersonal.