Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Anak Remaja Anda

Ada banyak Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Anak Remaja. Dengan bertambahnya umur, mereka akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Sesuatu yang tidak dapat dihindari dan merupakan bagian dari perjalanan hidup dari remaja tersebut. Yang dimaksud pertumbuhan adalah semua hal yang bersifat fisik. Lalu apa sebenarnya pertumbuhan tersebut atau apa yang di maksud dengan pertumbuhan. Pertumbuhan merupakan proses fisiologi yang bersifat kontinyu dan progresif yang akan berlangsung pada periode tertentu. Dan proses pertumbuhan ini tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan ada faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Apa Sajakah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Anak Remaja?

Banyak yang mengatakan faktor-faktor tersebut meliputi pengalaman, pendidikan, keturunan dan lingkungan. Seorang anak mulai dari kecil sampai dengan remaja selalu berkembang sesuai dengan pengalaman yang diperolehnya dalam kegiatannya sehari-hari. Sehingga terkadang tanpa diajarkan pun seorang anak dapat mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk untuknya, bukan hanya itu saja jika seorang anak mengikuti sebuah kegiatan, maka ia akan mengetahui apa saja yang berkaitan dengan kegiatan yang ia geluti saat ini. Hal ini akan membuat sang anak untuk berpikir lebih maju.

  1. Pendidikan juga merupakan faktor penting karena dalam perwujudannya pendidikan sangat mempengaruhi pertumbuhan perkembangan kognitif masa remaja. Dengan pendidikan ini maka sang anak akan mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang akan ia butuhkan, selain itu juga akan melatihnya untuk bersikap kritis. Menambah wawasannya dengan memberi pengarahan dan bimbingan sehingga dapat mempermudahnya untuk mendapatkan apa yang di inginkan sang anak.
  2. Keturunan biasanya akan mengacu kearah perkembangan hereditas dari sang anak seperti, tinggi badan, bentuk wajah, gender, temperamen, komposisi otot dan refleks, tingkat energi dan irama biologis. Faktor keturunan ini merupakan penyokong utama genetis yang akan menentukan dari sikap dan karakteristik sang anak, yang akhirnya akan membentuk kepribadian dari sang anak tersebut.
  3. Lingkungan juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan sang anak remaja, karena akan mendasari pembentukan karakter yang berasal dari lingkungan dimana sang anak tersebut dibesarkan, dan norma-norma yang di jalaninya, dalam keluarga maupun kelompok sosial, serta pengaruh-pengaruh lain yang di alaminya.

Faktor-faktor di atas mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak remaja. Dan kita tidak bisa memandang perkembangan sang anak berasal dari fisiologis saja. Dari segi psikologi pun harus di perhatikan karena hal ini akan membentuk sang anak dari kepribadian serta kemampuan yang dimilikinya untuk menjalani hidup, serta menghadapi hidup. Kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapinya di masa depan tergantung pada Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Anak Remaja.