Dampak Perkembangan Teknologi untuk Anak Usia 5-12 Tahun

Masa anak-anak adalah masa keemasan dimana anak-anak berada dalam masa bermain serta belajar terhadap apa yang belum diketahuinya. Tapi, dimana sekarang perubahan teknologi semakin pesat, banyak anak-anak terutama pada anak yang berusia 5 hingga 12 tahun lebih menyukai bermain dengan teknologi baru seperti playstation, game online, handphone, tablet ataupun ipad. Hal ini memang memiliki sisi positif dan negatif terhadap dampak perkembangan teknologi untuk anak usia 5-12 tahun.

 

Dampak Positif dari Dampak Perkembangan Teknologi untuk Anak Usia 5-12 Tahun

Kemajuan teknologi sudah dirasakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Bahkan banyak anak-anak terutama pada usia 5 hingga 12 tahun yang paling banyak memanfaatkan kemajuan teknologi ini. Dan tidak heran jika dampak positif dari dampak perkembangan teknologi untuk anak usia 5-12 tahun diberi julukan generasi multi-tasking. Dan berikut ini beberapa hal yang memberikan dampak positif terhadap kemajuan teknologi terhadap anak:

  1. Tidak bisa dipungkiri jika anak tidak bisa jauh dari kemajuan teknologi terutama pada teknologi informasi yang semakin hari semakin cepat. Dan ini dapat membuat anak mendapatkan kemudahan terhadap informasi serta kemudahan untuk menjalin komunikasi dengan jarak yang jauh.
  2. Dengan kemajuan teknologi pada dunia internet, anak dapat mengenal serta menjalin komunikasi dengan banyak orang dari berbagai belahan di dunia.
  3. Akibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yang ternyata banyak disukai oleh anak-anak. Dan hal ini secara tidak langsung sangat menguntungkan untuk anak-anak karena sangat memberi pengaruh terhadap tingkat kreativitas anak.

Dampak Negatif dari Dampak Perkembangan Teknologi untuk Anak Usia 5-12 tahun

Sisi negatif dari teknologi sekarang adalah mudahnya terhipnotis sehingga tidak sedikit yang menyukai dunia maya dan melupakan dunia nyata. Dan hal ini juga menimpa pada anak-anak terutama pada anak usia 5 hingga 12 tahun. Dan berikut ini beberapa dampak negatif lainnya:

  1. Anak terlalu cepat puas dengan pengetahuan yang didapatnya dari dunia internet padahal informasi dari dunia internet banyak yang berisikan dari sebuah kesimpulan saja. Jadi, para orang tua perlu terus mengajarkan anak untuk membaca buku agar pengetahuan terhadap sesuatu hal lebih mendalam.
  2. Karena teknologi memberikan banyak kemudahan, tidak sedikit anak-anak tidak sabar dalam menghadapi kelambatan dan kesulitan.
  3.  Selain itu, kemajuan teknologi berdampak pada kurangnya sosialisasi anak pada teman-temannya karena lebih menyukai menyendiri dengan permainan teknologinya.

Jadi selalu damping anak Anda agar terhindar dari dampak negatif dan mendapatkan dampak positif dari dampak teknologi untuk anak usia 5-12 tahun.