Bisakah Kanker Payudara Menyerang Anak Remaja Dalam Masa Pertumbuhan ?

Anda mungkin pernah mendengar acara-acara seperti berjalan kaki atau balap mobil yang diselenggarakan dalam rangka menggalang dana untuk penelitian penyakit kanker. Atau Anda mungkin pernah melihat orang-orang yang memakai pita pink di pakaian mereka. Kanker, menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia. Bukan hanya kanker payudara namun hampir semua jenis kanker sangat menyeramkan dan merupakan penyakit mematikan. Bagi wanita sendiri, kanker payudara merupakan jenis penyakit paling mengerikan. Kebanyakan kanker payudara menyerang orang dewasa dan sejauh ini fakta itulah yang kita ketahui namun ternyata kanker ini bisa juga menyerang anak remaja. Tentu saja hal ini mengagetkan kita semua, bagaimana mungkin anak remaja terserang kanker? Apa penyebabnya? Pertanyaannya lagi adalah bisakah kanker payudara menyerang anak remaja dalam masa pertumbuhan?

Kanker Payudara Merupakan Salah Satu Penyakit Yang Umum Dialami oleh Wanita

Hingga saat ini kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh wanita dewasa. Kanker ini sangat langka dialami oleh pria walau pada beberapa kasus hal ini mungkin terjadi. Kanker payudara juga tidak berdampak pada anak-anak. Meskipun kanker payudara merupakan penyakit yang umum, namun sangat jarang menimpa anak remaja dalam masa pertumbuhan. Adapun penyakit yang sering terjadi pada anak remaja secara umum adalah benjolan di payudara yang sering disebut sebagai perubahan payudara fibrosistik. Namun jangan khawatir kondisi ini termasuk jinak.
Nah, di masyarakat yang sering terjadi adalah kerancuan antara kanker dan benjolan di payudara sehingga akhirnya membuat kepanikan yang luar biasa. Seringkali remaja salah melihat antara benjolan berbahaya dengan pertumbuhan payudara pada masa pubertas. Jika benjolan payudara terasa sakit, hangat atau kemerahan, maka hal ini bisa jadi akibat infeksi payudara dan mungkin memerlukan antibiotik. Meskipun kanker payudara termasuk jarang terjadi pada remaja tetapi banyak remaja merasa khawatir dengan penyakit ini.

Remaja Memerlukan Informasi Tentang kanker Payudara

Mereka memerlukan informasi bisakah kanker payudara menyerang anak remaja dalam masa pertumbuhan, masa sedang mereka alami sekarang? Orangtua dan ahli medis harus menyebarkan informasi mengenai kanker payudara agar setiap orang meningkatkan kesadaran diri akan kesehatan tubuhnya. Namun, bukan hanya wanita dewasa yang pada umumnya bisa terserang kanker payudara, remaja putripun bisa terkena penyakit berbahaya ini walaupun ini jarang terjadi.
Sebagai antisipasi sebaiknya sejak awal masa remaja, mereka harus dididik mengenai pemeriksaan payudara. Mereka harus belajar mengetahui rasanya pertumbuhan payudara normal. Hal seperti ini akan membuat remaja lebih paham ketika muncul perubahan fisik pada dirinya. Jika remaja putri mengetahui adanya benjolan pada payudaranya maka dia harus menemui ahli medis untuk melakukan pemeriksaan payudara yang menyeluruh. Pemeriksaan medis sejak dini akan mengurangi tingkat resiko terkena penyakit kanker payudara pada wanita.

Remaja Juga Harus Dididik Mengenai Cara Mengurangi Resiko Terkena Kanker Payudara

Remaja juga harus dididik mengenai cara mengurangi resiko terkena kanker payudara termasuk olahraga dan diet rendah lemak atau diet kaya serat. Sekarang Anda sudah tahu jawaban dari bisakah kanker payudara menyerang anak remaja dalam masa pertumbuhan? Bisa, meskipun jarang terjadi.
Anda bisa mulai mensosialisasikan informasi ini pada anak-anak remaja di sekeliling Anda. Jangan sampai remaja putri mengabaikan sinyal-sinyal tertentu pada payudara yang bisa membahayakan diri mereka. Mereka harus mengenal deteksi dini kanker payudara agar bisa lebih waspada dan terhindar dari kematian dan rasa sakit yang luar biasa. Sayangi diri Anda dan sayangi orang di sekeliling Anda dengan menyebarkan informasi ini.