Waspada Kelainan Mata Pada Anak

Kelainan Mata Pada Anak harus dideteksi sedini mungkin agar dapat ditangani secepat mungkin dan mendapatkan perawatan yang tepat. Banyak sekali ciri kelainan mata yang harus anda cermati pada anak anda. Mata adalah organ penting yang dapat membantu kita melihat, tanpa mata, kita akan sangat kesulitan melakukan aktivitas atau melakukan pekerjaan dengan baik. Karena itu kita harus merawat mata dengan benar.

Penyakit mata yang sering sekali muncul adalah rabun senja, katarak, bahkan sampai kanker mata. Semua masalah mata ini akan sangat menganggu, misalnya rabun senja. Pada penyakit ini penglihatan memang tidak tampak masalah pada siang hari atau dimana cahaya masih terlihat. Namun ketika senja menjelang malam, mata akan rabun. Ini akan sangat berbahaya bagi orang yang berkendara atau sering keluar pada malam hari.

Beberapa Penyakit Mata Pada Anak

Beberapa penyakit mata mungkin akan sulit terdeteksi, namun jika didiamkan akan semakin parah. Sebaiknya penyakit mata pada anak tidak didiamkan, namun diberikan tindakan secepatnya agar pengobatan lebih cepat dan menghasilkan perkembangan yang baik. Beberapa penyakit mata yang terjadi pada anak diantaranya adalah:

  1. Buta Warna. Pada retina terdapat dua jenis sel, yaitu sel batang dan sel kerucut. Sel batang berfungsi untuk membedakan terang dan gelap, sementara sel kerucut berfungsi untuk membedakan warna. Anak yang mengidap buta warna memiliki sel kerucut yang tidak berfungsi dengan benar sehingga kemampuannya dalam membedakan warna menjadi terganggu, terutama untuk warna merah, biru dan hijau dengan tingkat gelap-terang yang berbeda-beda. Tingkat keparahan buta warna ada yang ringan dan ada yang berat. Kelainan Mata Pada Anak ini jelas sekali adalah penyakit keturunan. Pada banyak kasus, orang tua tidak mengetahui bahwa anak adalah pengidap buta warna. Anda dapat mengetahui seseorang mengidap buta warna dengan tes Ishihara. Penyakit ini sebaiknya diketahui lebih awal, walaupun memang belum ada obat yang bisa menyembuhkannya, namun akan membuat anak lebih siap dan lebih cepat mengetahui kalau memang dia mengidap buta warna.
  2. Mata Juling. Penyakit ini juga bersifat bawaan dari lahir. Ada beberapa jenis kejulingan, dari yang ringan sampai yang berat. Umumnya penyebab penyakit ini adalah karena adanya kelainan saraf pada bola mata, sehingga sumbu bola mata tidak normal dan perlu dikoreksi.
  3. Katarak. Penyakit ini juga biasanya dari bawaan lahir. Namun biasanya dapat dilakukan tindakan operasi setelah anak menginjak umur 2 tahun.
  4. Rabun Senja. Penyakit ini juga dikenal dengan nama rabun ayam. Rabun senja akan mengurangi kejelasan penglihatan ketika senja hari menjelang malam. Penyakit ini disebabkan karena kurangnya vitamin A pada anak.

Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Mencegah Kelainan Mata

Setiap orang tahu, bahwa vitamin A bagus untuk mata dan menjauhkan kita dari berbagai penyakit mata seperti rabun senja. Masih banyak vitamin yang dibutuhkan mata agar tetap sehat, misalnya vitamin C dapat mencegah katarak mata. Orang yang kekurangan vitamin C memiliki resiko katarak mata. Makanan yang sehat dan buah-buahan serta sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kelainan Mata Pada Anak dapat dicegah dengan memberikan banyak vitamin dari buah-buahan segar.