Variasi Menu Makanan Pada Balita Susah Makan

Kondisi balita yang susah makan tentunya akan memberikan rasa khawatir dalam diri orang tua. Karena dengan susahnya si balita untuk makan maka akan dikhawatirkan pula bagaiman asupan gizi yang akan diperoleh oleh si balita. Di mana pada usia balita inilah amat membutuhkan asupan gizi yang cukup dan seimbang untuk membantu proses perkembangan dan pertumbuhan yang sedang dialami. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan membuat variasi menu makanan pada balita susah makan.

Berikut adalah beberapa variasi menu makanan pada balita susah makan.

  1. Keadaan makan si balita amatlah berhubungan dengan perasaan yang dirasakan saat sedang makan. Maka dari itu, orang tua harus sedapat mungkin untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi diri si balita saat makan. Sehingga iapun akan dengan senang hati membuka mulut untuk menerima makanan yang disuapkan oleh si ibu.
  2. Selain menjaga perasaan dari si balita, keadaan dari makanan itu sendiri juga memberikan pengaruh pada keinginan balita untuk mau makan. Dalam hal ini, makanan yang disajikan harus dapat untuk menarik hati si balita pula. Menarik dalam artian, ibu dapat menciptakan menu makanan dengan bentuk yang tak biasa. Di mana saat ini telah banyak kreasi mode penataan aneka makanan untuk balita dan juga anak-anak. Karena hal ini bertujuan untuk menarik perhatian dan keinginan dari si balita untuk mau makan.Misalnya si balita memiliki rasa tertarik kepada satu tokoh kartun tertentu, maka ibu dapat membentuk makanan dengan mencontoh bentuk si tokoh kartun tersebut. Hal ini tentunya akan menjadi hal yang menarik bagi si balita kita.
  3. Kandungan gizi yang ada di dalam makanan tetap harus diperhatikan. Balita adalah dalam masa membutuhkan asupan gizi yang lengkap. Walaupun susah makan, balita harus tetapĀ  dimotivasi agar dapat memakan semua makanan dengan kandungan gizi yang seimbang dan lengkap. Ibu harus dapat memastikan bahwa menu makanan yang disajikan mengandung kandungan gizi yang lengkap terhadap kebutuhan si balita.

Itulah beberapa variasi menu makanan pada balita susah makan yang dapat diterapkan orang tua kepada balita yang sedang mengalami kesulitan mendapatkan selera makan.